Please enable JS

Artikel


Belajar Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Ala Anak Pramuka

14 Maret 2020 | 12:06/adz
 
 
 
 
Ekstrakurikuler Pramuka, Hari Kamis (12/03) ini para siswa belajar pertolongan pertama pada kecelakaan bersama Kak Awang dari Ubaloka Kwarcab Kota Semarang. Kecelakaan dan musibah bisa datang kapan, dimana saja dan menimpa siapa saja. Dalam setiap kejadian itu pastilah ada penderita cedera baik yang mengalami luka ringan maupun berat. Pertolongan Pertama yaitu pemberian pertolongan segera kepada penderita sakit atau cedera/kecelakaan yang memerlukan penanganan
medis dasar.
 
"Pertolongan Pertama yaitu pemberian pertolongan segera kepada penderita sakit atau cedera/kecelakaan yang memerlukan penanganan
medis dasar. Tujuan Pertolongan Pertama adalah menyelamatkan jiwa, mencegah cacat, memberikan rasa nyaman dan menunjang upaya penyembuhan", ungkap Kak Awang setelah memberikan games kekompakan tepuk. 
 
Pelaku Pertolongan Pertama yaitu orang  yang pertama kali tiba di tempat kejadian, yang memiliki kemampuan dan terlatih dalam penangan medis dasar. Sebagai pelaku pertolongan pertama, kita juga harus mengutamakan keselamatan diri sendiri. Jadi, kita memerlukan Alat Perlindungan Diri (APD). APD adalah alat yang digunakan agar kita tidak tertular penyakit. Alat perlindungan diri tidak perlu mahal.
Contohnya adalah Sarung tangan lateks, masker penolong, kacamata pelindung.
 
Selain penjelasan tentang pertolongan pertama, para siswa juga diajarkan cara menginformasikan kepada masyarakat terdekat, dan teknik dasar mengangkat korban ke tempat yang lebih aman. Setelah itu para siswa diajak bermain games kandang, sapi, banjir, badai dan kebakaran.
 
 
Bagikan ke sosial media


X
Assalamualaikum.
Ada yang bisa kami bantu.
Hubungi Kami