0

Semarang,  11-13 Februari 2020, SMA IT Bina Amal mengadakan agenda tahunan untuk siswa-siswi kelas XI yakni Goes To Campus (GTC). Pada GTC tahun ini sekolah memutuskan untuk berkunjung ke Universitas_Universitas yang ada di wilayah Jawa Timur, yakni Institut Teknologi Sepuluh November yang ada di Kota Surabaya dan Universitas Brawijaya yang ada di Kota Malang. Sebanyak 52 siswa dan siswi yang terdiri dari kelas IPS dan IPA mengikuti acara ini. Pada acara yang berlangsung kurang lebih tiga hari tersebut semua siswa dan guru pendamping antusias untuk menjalani setiap kegiatan yang telah terjadwal sebelumnya dengan penuh semangat. 

Pada kunjungan pertama, rombongan SMA IT Bina Amal mengunjungi Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan di terima di perpustakaan ITS lantai 4. Ketika di ITS pihak universitas memaparkan profil terkait ITS dan menjelaskan juga jurusan/ departemen yang ada di ITS dan biaya kuliah. Setelah dipaparkan profil ITS dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab, dimana dalam sesi ini siswa antusias untuk bertanya dengan harapan agar lebih dalam lagi dalam mengetahui seluk beluk ITS. Setelah itu siswa kemudian berkeliling untuk melihat fasilitas-fasilitas yang ada di sekitar perpustakaan tersebut.

Setelah kunjungan ke ITS selesai, rombongan melanjutkan perjalanan ke Malang guna mempersiapkan kunjungan selanjutnya pada hari kamis, 12 Februari 2020 di Universitas Brawijaya Malang. Dalam mengisi waktu disela-sela kunjungan ke universitas/ perguruan tinggi, rombongan berkunjung ke Batu Night Spectaculer di Kota Batu Malang. Pada pagi harinya, kegiatan dilanjutkan kunjungan ke Universitas Brawijaya di Kota Malang. Pada kunjungan ini rombongan diterima di Gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya Malang bersama 11 sekolah lainnya. Pihak universitas memaparkan terkait profil Universitas Brawijaya, prestasi-prestasi yang telah diraihnya, departeman-departemen dan fakultas yang ada. 

Selain itu pihak UB juga menjelaskan bagaimana mekanisme masuk ke UB baik melalui SNMPT, SBMPTN, maupun Ujian Mandiri. Trik-trik sukses masuk perguruan tinggi khususnya ke UB dan biaya kuliah juga dipaparkan di agenda ini serta informasi-informasi beasiswa yang dapat diakses siswa. Pada akhir acara juga diadakan sesi tanya jawab. Seluruh peserta dari SMA-SMA yang hadir baik yang dari Pulau Jawa maupun dari Kepulauan Riau juga sangat antusias dalam memuaskan rasa penasarannya terkait informasi-informasi mengenai Universitas Brawijaya.

Setelah kegiatan di Universitas Brawijaya, romobongan melanjutkan perjalanan ke Jatim Park 2 sebelum kembali ke Semarang. Kegiatan di Jatim Park 2 para siswa belajar menganai fauna-fauna yang ada di seluruh dunia, kerana koleksi fauna yang ada di tempat ini cukup lengkap. Selain koleksi fauna hidup di Jatim Park 2 juga memiliki museum untu fauna yang telah mati dari berbagai wilayah di bumi. Setelah itu para rombongan melanjutkan perjalanan ke Semarang dengan sejuta rasa yang akan terus dikenang.

Berdasarkan penuturan dari Muhammad Bajuri selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum sekaligus pendamping pada GTC tahun ini,beliau menuturkan bahwa acara ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh sekolah dan bertujuan untuk memberikan gambarn kepad siswa terkait dunia perguruan tinggi, sehingga nantinya para siswa tidak buta terkait jurusan-jurusan yang ada di universitas.

Posting Komentar

 
Top