0


Sabtu (31/8/2019), bidang keasramaan SMA IT Bina Amal menggelar acara bertajuk Hijrah Menggapai Surga. Acara yang berlokasi di Aula Masjid Ulul Albab lantai 1 Universitas Negeri Semarang ini dilaksanakan mulai Sabtu,31 Agustus – 1 September 2019.

Adapun peserta acara ini ialah seluruh siswa putra SMP IT dan SMA IT Bina Amal. Hadir sebagai pembicara Ustadz Dimas Anafadli yang merupakan Founder LTQ Madani. Beliau menyampaikan makna Hijrah. Menurutnya makna hijrah ada dua.

“Pertama Makaniyah artinya hijrah atau pindah tempat. Kemudian yang kedua Maknawiyahnya berarti hijrah atau berubah sikap, budi pekerti yg lebih baik”, ujarnya.

Tak hanya makna, dia juga menyampaikan macam-macam Hijrah. Pertama I’tiqodiyah yang artinya hijrah keyakinan. Kemudian yang kedua Fiqriyah yang artinya Hijrah Pemikiran dari jahiliyah ke Islamiah.

“Macam hijrah yang ketiga adalah Syu’uriyah atau Hijrah Kesenangan atau istilah lainnya kita lebih mengejar kenikmatan akhirat dibandingkan kenikmatan dunia. Kemudian yang terakhir Hijrah Sulukiyah artinya hijrah Akhlak. Semoga ditahun yang baru kita semakin baik akhlaknya”, paparnya.

Sementara itu, menurut M. Ridwan selaku perwakilan keasramaan, Mabit memang rutin di lakukan tiga atau enam bulan sekali dan di momen-momen tertentu seperti ini. Selain untuk meng-charge rukyah dan mendekatkan diri kepada sang Maha Kuasa melalui sholat malam, tilawah dan zikir.

“Agenda seperti ini juga dapat menjalin keakraban warga asrama yang terdiri wali asrama, pendamping dan santri atau siswa”, pungkasnya. Rangkaian Mabit tersebut akan ditutup dengan futsal bersama ahad pagi antara santri dengan wali asrama.

Posting Komentar

 
Top