0
Hasil evaluasi penulis sebagai Kepala TK pada beberapa tahun terakhir ini serta hasil rekap data perkembangan jumlah kehadiran orang tua dalam acara parenting di TKIT Bina Amal mengalami penurunan yang cukup berarti. Mutu pendidikan perlu ditingkatkan, melalui peningkatkan keterlibatan orangtua. Keadaan tersebut selanjutnya menjadi tugas secara manajerial bagi Kepala TK melalui strategi “MLM”.

Berdasarkan latar belakang tersebut maka strategi pemecahan masalahnya adalah “ MLM“ yaitu: 1) Memberikan pemahaman kepada orang tua tentang pentingnya keterlibatan orang tua dalam mendampingi pertumbuhan dan perkembangan putra- putrinya, Pemilihan koordinator kelas di setiap kelas, 2) Melibatkan orang tua dalam pencapaian target pembelajaran dan pelibatan orang tua dalam kegiatan program tahunan sekolah. 3) Mensukseskan bersama sekolah dalam merealisasikan program sekolah

Hasil yang dicapai dari strategi yang dipilih adalah 1) akademik, yang meliputi a) peningkatan cpaian kemampuan tahfidz, b) peningkatan kemampuan perkembangan anak, yang meliputi dari segi nilai agama dan moral, segi sosial emosi, dan segi bahasa; 2) nonakademik, meliputi: a) Prestasi lomba, b) Hubungan dengan orang tua; 3) kontribusi orang tua, meliputi a) jumlah kehadiran orang tua dalam kegiatan sekolah meningkat, b) orang tua semangat berkontribusi, dan c) orang tua lebih percaya diri.

Adapun kendala yang dihadapi dalam melaksanakan strategi yang dipilih adalah 1) orang tua dari anak didik belum semua mau terlibat, 2) orangtua memiliki target yang sama, dan 3) evaluasi perkembangan anak di rumah membutuhkan perhatian yang lebih.

Faktor pendukung dari strategi yang dilaksanakan adalah 1) dari peserta didik, 2) dari sarana dan prasarana, 3) dari pihak guru, 4) dari pihak yayasan, 5) dan dari dinas pendidikan.

Sakdiyah, S.Pd

Posting Komentar

 
Top