0



September, katanya bulan ceria dan sering disebut-sebut sebagai 'September Ceria', bulan ini saya sebagai guru pengampu mapel IPA terbersit dalam benak saya untuk mengajak anak-anak kelas 6 SDIT Bina Amal untuk mengumpulkan berbagai jenis tanaman di Sekolah, yang nantinya tanaman-tanaman tersebut akan kita tata di taman yang ada di dekat kelas 6, dan tujuan akhirnya untuk mewujudkan kebun biologi yang dapat digunakan untuk pembelajaran IPA.

Pas momentnya juga di bulan September ini waktunya tugas terstruktur dilaksanakan, sebagai pengganti test ulangan Mid Semester. Tanpa pikir panjang lagi, minggu pertama September saya umumkan ke 4 kelas 6, yaitu kelas Abu Bakar, kelas Umar, kelas Utsman dan kelas Ali, supaya anak2 membawa 1 jenis tanaman untuk setiap anaknya sebagai tugas terstruktur IPA. Tugas ini juga sebagai bentuk implementasi anak-anak yang sudah belajar tentang 'Perkembangbiakkan Tumbuhan dan Hewan' di tema 1. Tanaman yang akan dibawa anak-anak saya minta untuk diberikan label yang isinya nama, kelas, nama tumbuhan dan cara perkembangbiakannya, sesuai pembelajaran yang sudah mereka terima. Saya sarankan ke anak-anak label setiap tanaman harus diketik dan dilaminating supaya label awet dan rapi.

Supaya tanaman yang dikumpulkan bisa beraneka ragam di setiap kelasnya, maka saya bagi kelompok di setiap kelas. Ada kelompok yang khusus mengumpulkan tanaman yang berkembangbiak dengan cara generatif (menghasilkan buah & biji), ada kelompok yang khusus mengumpulkan tanaman yang berkembangbiak dengan cara vegetatif alami (akar tinggal, umbi lapis, umbi akar, umbi batang, spora, geragih, tunas, tunas adventif), dan ada kelompok yang mengumpulkan tanaman yang berkembangbiak dengan cara vegetatif buatan (cangkok, stek, runduk, sambung, okulasi). Waktu pengumpulan tanaman saya berikan tenggang waktu satu minggu dalam pengumpulannya, setiap anak yang sudah membawa tanamannya ke sekolah, melakukan pelaporan dulu, ditunjukkan dulu jenis tanamannya pada saya, dan dicekkan kebenaran labelnya, apakah sudah tepat nama tanaman dan cara perkembangbiakannya, setelah itu baru dinilai.

Tiga minggu kemudian, anak-anak kelas 6 sudah mengumpulkan berbagai ragam jenis tanaman yang sudah memenuhi taman, beberapa diantaranya ada jambu, rambutan, mangga, alpukat, sawo, belimbing, durian, kedondong, segala macam umbi, jahe, kunyit, sereh, wortel, strawberry, mawar, melati, kamboja, bunga gundul/kancing, lidah buaya, cocor bebek, cabe, cemara, bahkan kurma dan buah tin juga ada... dan masih banyak yang lainnya...
Semua tanaman itu alhamdulillah sudah tertata rapi di sisi pojok-pojok taman, semua anak antusias untuk membantu menata kebunnya menjadi rapi dan bagus. Semangat dari anak-anak juga terlihat yang rajin merawat tanamannya dengan menyiraminya, tanpa harus disuruh.

Terima kasih anak-anakku kelas 6 atas kerja kalian...Semoga kalian selalu amanah dengan tugas-tugas kalian, dan kebun yang kalian buat sekarang dapat memberikan manfaat untuk kalian sampai ke adik-adik kelas kalian...

Oleh : Ustadzah Dian

Posting Komentar

 
Top