0


 Rabu, 15 Agustus 2018 merupakan hari yang ditunggu-tunggu para siswa kelas IV. Siswa siswi kelas IV SDIT Bina Amal 02 diberikan kesempatan oleh Allah untuk mendapatkan pengalaman secara langsung untuk mengaplikasikan materi-materi pelajaran yang didapatkan selama kurang lebih sebulan yang terbungkus cantik dalam tema "Indahnya Kebersamaan”.

Kegiatan puncak tema "Indahnya Kebersamaan" dilaksanakan di Sam Poo Kong, sebelumnya di kelas para siswa difahamkan tentang keanekaragaman yang ada di Indonesia mulai dari beragamnya suku bangsa, adat istiadat, budaya, agama, dan keanekaragaman lainnya. Di tengah-tengah keanekaragaman tersebut siswa diajarkan untuk tetap bertoleransi, saling menghormati, menghargai, dan tidak mengejek satu sama lain.

Keanekaragaman lain yang terlihat adalah tentang suku bangsa. Mereka langsung mempraktikkan apa yang mereka dapat di kelas dengan bertoleransi pada perbedaan yang ada.
Selama kurang lebih satu jam siswa siswi berkeliling di dalam sam poo kong dipandu oleh guide, mendengarkan cerita relief Cheng Ho, dan diakhiri nonton film Cheng Ho di dalam ruangan yang sudah dipersiapkan.

Hal lain yang menarik dalam kegiatan puncak tema hari ini ini adalah perjalanan dari sekolah menuju Sam Poo Kong. Biasanya kegiatan tema puncak keluar SDIT Bina Amal 02 dengan menggunakan armada mobil, hari ini lain dari biasanya. Siswa siswi menuju ke Sam Poo Kong dengan mengendarai truk Brimob. Yah, pengalaman menarik tersendiri buat para siswa bisa menaiki mobil Brimob POLRI pada moment mendekati HUT RI ke-73. Masuk Sam Poo Kong gratis dan mendapatkan snack jajanan anak-anak menambah keceriaan mereka.

Sampai kembalinya ke sekolah ternyata kegiatan puncak tema belum berakhir. Setelah para siswa mendapatkan waktu istirahat setengah jam, kegiatan puntem dilanjutkan dengan menonton film “Laksamana Islam Cheng Ho” yang sudah disiapkan oleh guru mereka. Bu Mar’ah, salah satu guru kelas IV SDIT Bina Amal 02, menyampaikan hal ini dilakukan agar para siswa bisa memahami sejarah dengan benar, mengingat film yang ditayangkan sebelumnya berdurasi pendek. Sehingga belum bisa menggambarkan keseluruhannya.

Terakhir, para siswa diminta agar bisa berbagi pengalaman kepada keluarga, menonton film "Laksamana Islam Cheng Ho" bersama keluarga dirumah, dan meringkasnya dalam bentuk tulisan.

Alhamdulillah hari ini banyak pengalaman penting yang didapatkan oleh siswa siswi kelas IV SDIT Bina Amal 02.

Posting Komentar

 
Top