0


Marhaban Yaa Ramadhan, selamat datang bulan suci Ramadhan. Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, SDIT Bina Amal sudah merutinkan tradisi tarhib Ramadhan. Tarhib ramadhan adalah menyambut datangnya bulan Ramadhan dengan berbagai macam kegiatan seperti pawai keliling menyuarakan akan datangnya bulang suci ramadhan dilengkapi penyebaran jadwal imsyakiyah dan klotekan musik *Drumblek* Bina Amal. Semangat tarhib menunjukkan kegembiraan siswa siswi Bina Amal dari Play Group, TK, dan SD dalam menghadapi bulan yang mulia dan penuh barokah, nikmat serta maghfiroh.


Sebanyak 900 siswa Play Group, TK, dan SDIT Bina Amal menyemarakkan tarhib dengan berjalan kaki dari sekolah melewati jalan Kyai Saleh, Jalan Veteran, melewati RS Kariyadi, menteri supeno dan kembali lagi ke sekolah, Selasa (15/5). Kegiatan tersebut diikuti guru, wali murid, dan majelis sekolah SDIT Bina Amal.

Menurut Ketua Panitia, Prasetyo Putra Syaeli, M.Pd, tujuan diadakan tarhib setidaknya mengingatkan masyarakat akan datangnya bulan Ramadhan khususnya keluarga besar yayasan waqaf Bina Amal sehingga kita semua agar memperkuat iman, bisa mempersiapkan diri untuk menjalankan ibadah puasa serta ibadah lainnya dengan maksimal.

Acara tarhib dimulai dari pawai “Tarhib Ramadhan Kuatkan Iman” dengan mengelilingi sekitar wilayah sekolah. Pawai tarhib juga dimeriahkan dengan kreasi poster seruan untuk berpuasa karya siswa, MMT tentang sambutan Ramadhan, manggar, bendera ramadhan, dan drumblek dari siswa SDIT Bina Amal.

Setelah pawai dan kembali ke sekolah, siswa Bina Amal langsung menuju lapangan untuk mendengarkan dongeng dari Pendongeng termana di Semarang yaitu Kak Kempo. Seluruh siswa dan guru turut mendengarkan dongeng Kak Kempo tentang Pentingnya Iman dan tauhid kepada Alloh. Cerita anak kecil yang mampu mengalahkan godaan setan, menahan hawa nafsu untuk mempertahankan ibadah puasa sampai maghrib dengan dibumbui cerita lucu dan suara khas ala Kak Kempo. Pemilik nama lengkap Kempo Anthaka mampu mempengaruhi siswa untuk fokus mendengarkan cerita sehingga siswa mampu mengambil hikmah dongeng tersebut.

“Hikmahnya banyak, imannya harus kuat kepada Alloh, kita harus puasa full 30 hari, jangan sampai kalah dengan anak kecil. Kalau susah bangun bisa pasang jam wekker agar tidak terlambat sahur dan sholat subuh,” tutur Maritza kelas 3 yang antusias mendengarkan dongeng Kak Kempo.

“Ramadhan itu bulan untuk memperbaiki diri dan menahan emosi, jangan gampang marah dan jangan takut sama setan,” kata Jasmin siswa kelas 1.

Tarhib ramadhan diakhiri dengan bagi-agi hadiah dari Kak Kempo yang mampu menjawab pertanyaan seputar Ramadhan dan isi dari dongeng Kak Kempo. Tarhib ramadhan, menguatkan iman.





Posting Komentar

 
Top