0


Semarang - Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Bina Amal mengadakan Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan untuk Siswa Kelas VII di candi Gedongsongo, Kabupaten Semarang. Kegiatan LDK dilaksanakan selama tiga hari (20-22 April 2018). Kegiatan ini bertujuan melatih anak-anak untuk hidup mandiri, disiplin, dan mempunyai jiwa kepemimpinan. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan dari Organisasi Siswa Internal Sekolah (OSIS) SMP IT Bina Amal untuk Siswa Kelas VII. Sebanyak 115 siswa dan 9 guru pendamping ikut serta dalam berbagai macam agenda yang direncanakan dalam kegiatan ini.

Candi Gedongsongo dipilih karena tempatnya sangat strategis untuk kegiatan outdoor maupun indoor. Selain itu, pemandangan dan udara yang segar diharapkan mampu membuat siswa lebih bersemangat dalam mengikuti LDK.
Selama tiga hari, kegiatan diisi dengan berbagai materi dan game. Materi yang disampaikan adalah Masalah Kids Zaman Now, Kepemimpinan Islam, Jurnalistik, Peran Kids Zaman Now. Untuk kegiatan lainnya adalah Forum Grup Diskusi, Analisis SWOT Diri, dan PBB. Kegiatan ini sangat membantu siswa untuk menambah pengetahuan.

Pemateri yang didatangkan untuk mengisi materi juga sangat berkompeten dibidangnya. Mereka mampu memotivasi dan mengajarkan siswa dengan sangat bagus. Selain materi, kegiatan ini juga diisi dengan outbond yang tentu saja menyenangkan untuk siswa. Mereka diajak untuk bermain Balap Karung, Kaki Seribu, Makan Kerupuk, dan Pecah Air.

Terlihat siswa sangat ingin memenangkan pertandingan karena ada hadiah untuk kelompok terbaik. Hadiah diberikan tidak hanya kelompok terbaik saja, ada juga hadiah untuk peserta terbaik. Peserta terbaik dipilih karena dalam mengikuti kegiatan LDK, dia tetap melaksanakan Sholat Tahajud, Tilawah sebelum dan sesudah Sholat Subuh dan mampu Tilawah hingga 2 juz sehari. Diharapkan siswa setelah mengikuti kegiatan LDK dapat mengamalkan ilmu yang sudah didapat agar berguna untuk dirinya sendiri ataupun orang lain.

Posting Komentar

 
Top