0
Interaksi Orang Tua dan Guru dalam Penerimaan Rapor

Jumat 16 Maret 2018 adalah momen istimewa bagi siswa, orang tua dan guru-guru SDIT Bina Amal. Hari diterimanya Laporan Perkembangan Siswa selama tengah semester 2 di tahun pelajaran 2017/2018.

Eka Mulyanto, S.Pi selaku Kepala Sekolah SDIT Bina Amal menyampaikan bahwa pendidikan merupakan upaya menumbuhkembangkan fitrah anak, secara langsung maupun tidak langsung, agar anak memahami siapa dirinya, Penciptanya dan lingkungannya. Kefahaman yang akan mengantarkan anak menemukan peran peradabannya kelak. Tujuan pendidikan ini akan tercapai jika terdapat sinergi yang baik antara orang tua dan sekolah.

Momen penerimaan Rapor Tengah 2 di tahun pelajaran 2017/2018 ini merupakan salah satu bentuk sinergi tersebut. Kegiatan ini menjadi sarana komunikasi antara orang tua dan sekolah mengenai capaian pendidikan siswa, kendala yang dihadapi serta solusi apa yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Ia juga menuturkan untuk memberikan laporan perkembangan siswa yang utuh, maka format rapor SDIT Bina Amal selain menyertakan capaian nilai akademik, juga menyertakan perkembangan kepribadian siswa. Dari rapor ini, misalnya orang tua akan mengetahui bagaimana keseharian anaknya dari sisi emosi; apakah mudah memaafkan, memiliki sikap peduli atau lainnya.

Rosidah, S.Sos, Ketua panitia Penerimaan rapor ini juga menuturkan bahwa respon orang tua sangat baik. Terbukti dengan tingkat partisipasi orang tua sekitar 80% dari 730 wali murid. Dan meski di undangan tertera pukul 08.30 sd 10.30, bisa dipastikan kegiatan penerimaan rapor melebihi jam yang ditentukan. Hal ini terjadi karena orang tua tidak ingin kehilangan kesempatan untuk bincang-bincang, konsultasi atau curhat.

Kegiatan ini memang istimewa. Bukan karena angka-angka tinggi yang tertera di kertas, tapi lebih karena adanya kefahaman, sinergi dan kerja sama yang padu antara sekolah dan orang tua dalam mendidik anak. #ftr






Posting Komentar

 
Top