0

Salah satu permasalahan yang dialami orang tua ialah menghadapi anak yang malas sekolah. Anak-anak menganggap bahwa sekolah bukanlah kegiatan yang menyenangkan. Oleh karena itu, sebagai orang tua yang baik, harus mengambil tindakan tepat dalam menghadapi permasalahan tersebut. Berikut beberapa tips dalam menghadapi anak yang malas sekolah:

1. Dengarkan Perasaan Si Anak
Ketika menghadapi masalah tersebut, sebaiknya tidak perlu memarahi anak, ajaklah ia bicara dari hati ke hati dan dengarlah isi perasaannya. Anak pasti akan memberikan beberapa alasan. Jika ia beralasan merasa tubuh kurang sehat, kamu harus memahaminya. Kamu harus menggali lebih dalam apa yang sebenarnya ia rasakan saat bersekolah. Dengan mendengarkan perasaan anak, kamu akan menemukan solusi dari permasalahan tersebut.

2. Atur Pola Istirahat
bisa mengatur pola istirahat anak secara teratur agar ia tidak terlalu malam dan esoknya tidak malas pergi ke sekolah. Usahakan durasi tidur anak 8 sampai 9 jam per hari.

3. Latihlah Keterampilan Sosial
Kamu bisa mengajarkan kepada sang anak untuk menyatakan keinginannya kepada teman atau guru, baik menyatakan keinginan dalam bermain, aktif di kelas maupun sesuatu hal yang tidak diinginkan dan tidak disukai. Ingatkanlah si anak untuk selalu melaporkan kejadian kepada guru jika ia mendapat gangguan atau perlakuan tidak menyenangkan dari teman.

4. Bicarakan dengan GuruJika penyebab anak malas sekolah karena faktor lingkungan atau pertemanan di sekolah, bicarakanlah kepada guru. Bicarakanlah mengenai bagaimana keadaan anak di kelas dan pola pertemanannya.

5. Mengatasi Kekerasan di Sekolah
Jika si anak malas sekolah karena adanya perselisihan atau pertengkaran dengan teman, segeralah selesaikan masalah tersebut dengan menemui guru atau kepala sekolah. Kamu tidak perlu menemui anak dan temannya yang bermasalah. Hal ini dapat memperkeruh keadaan si anak.

6. Bantu Anak Dapatkan Teman
Kesulitan mencari teman ialah salah satu alasan anak malas sekolah. Jika sudah seperti itu, dapat membantu mencarikan teman dengan mengadakan pesta kecil di rumah dan mengundang teman-teman kelasnya.

7. Beri Penghargaan
Jika si anak sudah mulai rajin ke sekolah, berilah ia penghargaan, seperti memberikan cemilan, hadiah kecil-kecilan atau mengajaknya pergi ke tempat yang diinginkan. Cara ini bisa membuat anak lebih semangat untuk pergi ke sekolah.

Itulah  tips cerdas dalam menghadapi anak yang malas sekolah. Bagaimana pun juga sebagai orang tua, harus selalu mendukung dan memberikan nasihat kepada anak. Pastikan anak berangkat sekolah dengan perasaan bahagia. Karena jika ia bahagia, pelajaran yang diterima pun akan mudah diterima. 

ummi online



Posting Komentar

 
Top