0
Semarang- Semakin kedepan semakin berat tantangan yang di hadapi guru. Guru tidak hanya dituntut untuk mendidik anak-anak. Tetapi juga harus bisa mencetak calon pemimpin. Tentunya pemimpin yang bisa memberikan keteladanan. Ujar Ust Joko Widodo, SE dalam acara Bina Kembang Yayasan Wakaf Bina Amal Sabtu 30 September 2017.

Bina Kembang merupakan salah satu sarana pembinaan Guru dan Pegawai Bina Amal. Pembinaan ini dilakukan setiap bulan sekali dengan Pembicara dari dalam dan luar yayasan Wakaf Bina Amal.

Dalam acara tersebut Ust Joko Widodo, SE menekankan bahwa guru harus punya karakter pemimpin dan menjadi teladan, harus memahami perkembangan dunia serta harus paham dan menguasai teknologi demi menjawab tantangan masa depan. Karena pada dasarnya tugas guru adalah mencetak calon pemimpin.

Ada Empat hal utama yang ditekankan dalam Fikih Kepemimpinan

1. Kepemimpinan bukan sekedar bakat maupun anugrah yang sejatinya dimiliki semua orang, melainkan juga amanah yang harus dipertanggungjawabkan

2. Kepemimpinan sejatinya merupakan pengabdian kepada mereka yang di pimpin

3. Seorang Pemimpin harus memberikan keteladanan bagi orang-orang terdekatnya secara khusus dan bagi masyarakat luas secara umum.

Karena itu para pemimpin dalam sejarah islam awal terdiri atas orang-orang yang berintregasi tinggi, khususnya dari segi keagamaan dan moralitas
Kesuksesas pemimpin besar nabi muhammad SAW tidak terlepas dari adanya keteladanan yang kuat dari beliau ( Q.S Al Ahzab: 21 )

4. Kepemimpinan sejatinya mampu menggerakkan masyarakat luas menuju cita-cita luhur bersama

Kepemimpinan membutuhkan kerjasama baik(at ta’awun ‘ala al-birri) dengan pihak-pihak lain
Sehebat apa pun seorang pemimpin tidak akan mampu menciptakan perubahan berarti tanpa dukungan pihak-pihak terkait.











Posting Komentar

 
Top