0
Tahun ajaran baru segera datang. Setelah berlibur cukup lama, anak kini harus kembali ke sekolah. Berikut ini tips agar anak tak 'kaget' untuk masuk sekolah lagi.

Saat tahun ajaran baru, anak tentu akan mendapatkan kelas, guru dan teman baru. Berbagai kekhawatiran pun terkadang muncul dari mereka. "Apakah guruku baik? Di mana aku duduk? Teman-teman baruku baik atau tidak?" itulah beberapa kekhawatirannya.

Bukan hanya itu saja, setelah liburan lama, beberapa anak bisa jadi malas untuk kembali ke rutinitas sekolah, terutama bangun pagi. Pekerjaan rumah terbesar Anda adalah membuatnya kembali siap menjalani hari-hari sekolah.

Dengan sedikit persiapan sebelum liburan berakhir, orangtua sebenarnya bisa menyiapkan anak untuk kembali sekolah dengan ceria. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan

1. Atur waktu tidur
Libur panjang kerap membuat sebagian anak menjadi tidak teratur, seperti jam tidur yang terlalu malam. Akibatnya, anak-anak akan merasa malas bangun pagi saat masuk sekolah nanti. Oleh karena itu, biasakan anak untuk mulai tidur awal waktu sebelum masuk sekolah.

2. Ajak si kecil membeli peralatan sekolah baru
Untuk mengembalikan semangat anak kembali sekolah, Anda bisa mengajaknya untuk membeli beberapa peralatan sekolah baru. Biarkan dia memilih sendiri apa yang disukanya. Tentunya harus bijak dalam membeli, misalnya membeli peralatan yang benar-benar dibutuhkan atau peralatan lama sudah rusak dan tidak bisa dipakai lagi.

3. Bantu Mempersiapankan perlengkapan sekolah pada malam hari

Menyiapkan perlengkapan sekolah pada malam hari bersama si kecil bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Cara ini dipercaya bisa membuatnya mengembalikan semangat untuk kembali sekolah.

4. Ajak diskusi anak dengan ringan dan santai
  • Bicarakan apa saja kebiasaan anak yang harus diubah di kelas selanjutnya.
  • Katakan selamat pada anak bahwa dia sudah naik kelas. Poin ini penting untuk membangun kepercayaan dirinya.
  • Katakan atau ucapkan motivasi semangat pada anak ketika mendekati masuk masa sekolah
  • Yakinkan pada anak kalau pengalaman di kelas selanjutnya akan menarik sehingga anak antusias dan tak takut untuk datang ke sekolah
  • Minta anak berkenalan dengan semua teman sekelasnya dan guru dengan penuh percaya diri ketika masuk di hari pertama nanti
5. Komunikasi dengan pihak sekolah

Usahakan Anda memiliki kontak dengan pihak sekolah atau aktiflah di grup-grup komunikasi sekolah (web, wa, fb dan lainnya ) dan biasakan berkomunikasi intens dengan guru kelas anak yang baru. Hal ini agar Anda merasa aman dan nyaman ketika menitipkan anak di sekolah, dan bisa memantau perkembangan anak.

Bagaimana? Selamat mencoba

Posting Komentar

 
Top