0
Tim Juara Karya Ilmiah Remaja SMAIT Bina Amal Winda Nur Lathifah, Khairunnisa Redinta dan Inayatun Fitri 

Barokallah kepada Ananda Khairunnisa Redinta, Winda Nur Lathifah, Inayatun Fitri, Tim Lomba Karya Ilmiah SMAIT Bina Amal Semarang meraih Juara 2 Lomba Karya Ilmiah Tingkat Nasional di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta 19 Nopember 2016.

Lomba karya tulis ilmiah ini diperuntukkan bagi siswa siswi SMA/MA/SMK se-DIY dan Jawa Tengah sebagai wadah pengembangan ide-ide kreatif dan inovatifnya kedalam suatu karya ilmiah. diselenggarakan oleh Departemen Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Ahmad Dahlan yang termasuk dalam rangkaian kegiatan dari Milad Teknik Kimia Universitas Ahmad Dahlan ke 20 tahun. Dengan mengangkat tema “Teknologi Tepat Guna dalam Problematika Global di Indonesia” dengan maksud memberikan output positif kepada negara mengenai tantangan global yang sedang dihadapi negara Indonesia.

Tim SMAIT Bina Amal ini meneliti tentang pembuatan abon dari jantung pisang. Jantung pisang juga dikenal sebagai bunga pisang yang akan bertukat menjadi buah pisang jika sudah matang. 

Menurut penelitian, jantung pisang bernutrisi tinggi. Tiap 25 gram jantung pisang, mengandung 31 kkal kalori, 7.1 gram karbohidrat, 0.3 gram lemak, dan 1.2 gram protein. Selain itu, ada kandungan mineral (fosfor, kalsium, dan zat besi) serta vitamin (A, B1, dan C), dan serat pangan. Jantung pisang baik dikonsumsi oleh orang yang sedang diet lemak karena rendah lemak dan memberi rasa kenyang lebih lama. 

Penderita diabetes juga bisa makan jantung pisang karena indeks glikemik (GI) nya rendah. Kandungan serat dalam jantung pisang dapat memperlancar pencernaan serta mengikat lemak dan kolesterol untuk dibuang bersama kotoran. Juga dapat mencegah penyakit jantung dan stroke karena dapat memperlancar sirkulasi darah dan bersifat antikoagulan (mencegah penggumpalan darah).

Karena begitu banyak kandungan nutrisi dan manfaatnya, maka Ananda Khairunnisa Redinta, Winda Nur Lathifah, dan Inayatun Fitri melakukan penelitian lebih lanjut. Bagaimana agar jantung pisang yang bermanfaat ini juga di sukai masyarakat, seperti mereka menyukai buah pisang. Salah satunya idenya adalah dengan membuat abon dari jantung pisang. Mungkin pekan depan abon jantung pisang sudah tersedia di kantin Bina Amal. Atau menjadi salah satu menu favorit makan siang anak-anak Bina Amal. 

Barokallah ya, semoga ilmunya bermanfaat.

humas@binaamal.info
humas smait bina amal

galeri foto





Posting Komentar

 
Top