0


Ayah, Bunda apakah sudah mulai berebutan handphone dengan anak di rumah? Setiap hari ada adegan di mana anak merengek terus ingin nonton video, atau mau bermain game yang ada di hp? Hmm, jangan sampai jadi kecanduan ya. Akan tetapi kalau pun sudah sampai taraf kecanduan, ada 6 tips untuk mengatasi anak yang kecanduan hp, sebagai berikut:

1. Mulai dari diri sendiri
Sebelum kita menyuruh anak melepas gadget di tangannya, ada baiknya kita mulai dari diri sendiri terlebih dahulu. Jangan-jangan anak kecanduan hp karena orangtuanya pun tiada menit tanpa hp di genggaman?

Disiplinkan diri untuk menaruh hp di lemari atau laci saat orangtua berada di rumah, agar anak pun mendapat contoh teladan dari orangtua untuk tidak terus-menerus memfokuskan mata ke layar hp.

2. Sediakan perlengkapan untuk berkreativitas

Bersama anak pergilah ke toko buku, belilah buku gambar, kertas warna, lem kertas, spidol, crayon, pensil warna, play doh, cat air, dan berbagai perlengkapan untuk berkreativitas lainnya.

Di rumah persilakan anak membuat kreativitas, jika bingung membuat apa, saat ini ada banyak buku kreativitas atau bisa juga mencari dari internet kemudian diprint. Anak-anak kita perlu merasakan kenikmatan bermain selain dengan gadgetnya.

3. Tumbuhkan anak kecintaan membaca buku
Perkenalkan anak dengan buku bacaan sedari kecil, agar mereka memiliki kecintaan terhadap buku, imajinasinya pun terlatih sehingga tidak melulu membutuhkan game di hp.

4. Perkenalkan anak dengan aktivitas luar ruangan

Berolahraga bersama teman-temannya, seperti basket, sepak bola, sepatu roda, dan permainan outdoor lainnya jauh lebih menyenangkan daripada terus-terusan memelototi layar hp. Maka biarkan anak bermain di luar rumah, tentu saja dengan penjagaan orangtua akan jauh lebih baik.

5. Buat batas waktu

Anak boleh saja main hp, tapi orangtua perlu membuat batasan waktu dalam bermain. Misalnya maksimal 2 jam sehari, dan batasan waktu ini perlu diketahui dan disepakati oleh anak juga, sehingga anak akan lebih bertanggungjawab terhadap batasan waktu ini.

6. Jangan belikan hp untuk anak

Sekalipun orangtua memiliki banyak uang, sebelum anak mampu bertanggungjawab sebaiknya tidak membelikan hp untuk mereka terlebih dulu.

Ayah, Bunda ayo kita coba praktekkan. Semoga  di beri kemudahan...


ummionline

Posting Komentar

 
Top