0
Jangan Biarkan TV mencuri kebersamaan Ananda bersama Ayah Bunda

Inilah Beberapa Keuntungan Rumah Tanpa TV 

TV memang bisa menjadi sarana pembelajaran, tapi TV juga bisa menjadi sumber 'masalah' dalam keluarga, terutama bagi yang tak dapat mengontrol penggunaan TV bahkan 24 jam terus menyetel tayangan TV. Bagi yang berani memutuskan rumah tanpa TV, berikut ini beberapa hal positif yang bisa dirasakan:

1. Waktu bersama keluarga lebih hangat

Jika ada TV, banyak anggota keluarga yang melakukan segala aktivitas sambil menonton. Akan tetapi jika TV dimatikan, misalnya saat makan bersama keluarga, rasakanlah perbedaannya. Tiap anggota keluarga bisa lebih aktif terlibat pembicaraan dan saling interaksi.

2. Anak lebih kreatif

Jika tak ada TV, orangtua sebaiknya memberi pilihan hiburan lainnya untuk anak, misalnya saja permainan lego, buku gambar dan peralatan melukis, buku-buku cerita, alat sulam, dan lain sebagainya yang bisa merangsang anak berkreativitas lebih banyak daripada sekadar pasif mematung di depan TV.

3. Terbebas dari berita negatif dan gosip infotainment yang kurang bermanfaat

Hampir setiap stasiun TV memiliki program infotainment, dan kebanyakan hanya berisi iklan terselubung atau gosip yang kurang bermanfaat untuk dikonsumsi publik. Oleh sebab itu jika tak ada TV di rumah, keluarga dan anak-anak kita terbebas dari tayangan negatif yang kurang mendidik, apalagi banyak berita kriminal yang disajikan secara 'vulgar' yang juga tak layak jadi tontonan anak.

4. Lebih fokus ibadah


Waktu untuk menonton TV diarahkan untuk hal lain yang lebih membawa pahala atau kemaslahatan, misalnya bersilaturahim ke keluarga dekat, atau menghafal quran, dan ibadah lainnya yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang.

Perlu diperhatikan bahwa seluruh anggota keluarga harus sama-sama bersepakat jika memang ingin meniadakan TV di rumah, semuanya perlu mengetahui manfaat yang bisa diperoleh jika tak ada TV, atau sebelumnya lakukan percobaan dengan hanya memperbolehkan TV hidup 2 jam dalam sehari. Juga perlu diingat bahwa tidak ada TV sebaiknya diimbangi juga dengan menyerap informasi penting dari media lainnya seperti surat kabar atau majalah, agar keluarga tidak kudet (kurang update) dengan info yang terjadi di masyarakat saat ini. 

Selamat mencoba!

ummionline

Posting Komentar

 
Top