0

Membersamai anak....
Bunda terkadang kita sibuk dengan pekerjaan atau kesenangan pribadi, sementara ada hak anak yang harus dipenuhi, salah satunya adalah perhatian dalam bentuk menemani mereka belajar. Ketahuilah, ada beberapa manfaat luar biasa yang didapat dari kegiatan rutin ini, antara lain:

1. Menumbuhkan rasa emosional yang hangat antara orangtua dan anak

Menemani anak belajar membuat kepekaan dan rasa empati antara anak dengan orangtua menjadi lebih dalam.

2. Menumbuhkan kecerdasan bagi orangtua


Orangtua yang menemani putra-putrinya belajar pasti akan dituntut untuk ikut belajar memahami soal yang dikerjakan buah hatinya. Disela mengerjakan soal biasanya sang anak menanyakan beberapa pertanyaan yang sulit diterima olehnya, maka dari mencoba mengingat pelajaran yang sudah pernah kita lalui saat masih sekolah dapat mengasah kembali ilmu pengetahuan serta menumbuhkan kecerdasan serta wawasan orangtua.

3. Mengetahui kelemahan dan kelebihan anak


Terbiasa menemani anak belajar akan membuat orangtua mudah menangkap kelemahan dan kelebihan anak. Misalnya sang anak lemah dalam urusan matematika atau berhitung, tetapi ia mahir dalam menggambar.

4. Menjaga mood anak tetap baik


Anak-anak yang sering belajar bersama orangtuanya akan memiliki mood yang baik, bahkan sampai ia akan tidur dan setelah bangun tidur. Mood yang baik dapat meningkatkan semangat anak bersekolah di pagi harinya.

5. Mengarahkan anak

Saat belajar bersama, orangtua dapat mengarahkan hal-hal bersifat positif pada anak karena biasanya pada beberapa kesempatan sang anak berceloteh tentang kesehariannya di sekolah, menceritakan kenakalan temannya, dan sejenisnya. Saat itulah orangtua dapat memberikan arahan yang baik bagaimana anak harus menghadapi hari-hari mereka.

6. Mengurangi kenakalan negatif pada anak


Hampir semua anak yang sering belajar serta bermain bersama orangtua mereka, memiliki sifat yang lebih hangat, ceria, tidak banyak membuat ulah, serta lebih mudah dinasehati. Hal-hal seperti itu dapat mengurangi kenakalan dini pada anak-anak yang bersifat negatif karena pada dasarnya anak-anak sangat aktif sehingga terkadang kita mendefinisikan mereka nakal.

Ayah..Bunda...yuk atur ulang jadwal kita...mulailah untuk mengutamakan kebersamaan bersama ananda. Hari ini kita menemani mereka...Insyaallah mereka yang akan menemani kita di hari tua nanti. Insyaallah mereka yang akan mendoakan kita, menolong kita di akhirat kelak. Amiin



Posting Komentar

 
Top