0
Si Kecil, Peniru Hebat

Anak-anak adalah peniru terhebat sepanjang masa. Tidak perlu waktu lama sekali, lihat atau dengar pasti akan segera ditiru.

Sebagai orang tua pasti tidak ingin buah hati kita jadi orang yang gagal. Kita selalu ingin supaya buah hati kita jadi orang hebat yang sukses dalam segala hal. Bahkan sejak dini si kecil sudah 'dijejali' dengan berbagai kemampuan yang sebenarnya hal tersebut belum waktunya atau terkesan dipaksakan. Apakah ini benar? 

Sejatinya otak anak di masa emas mampu menampung beribu informasi. Hanya saja kemampuan anak untuk mengembalikannya masih terbatas. Lalu apakah benar jika kita sebagai orang tua terus 'memasukkan' informasi ke dalam otak anak secara berlebihan? Sesuatu yang berlebih pasti berdampak buruk. Sekalipun itu sesuatu yang baik. Sebenarnya yang dibutuhkan si kecil adalah kasih sayang dan cinta dari kedua orang tuanya. Sebanyak apapun informasi yang 'dimasukkan' jika tanpa adanya kasih sayang hal ini tidak akan berhasil.

Ingin si kecil jadi anak yang pintar? Cobalah ajarkan dengan cinta juga kasih. Ajarkan sambil bermain agar si kecil nyaman dan mampu menyerap informasi dengan sempurna. Tanamkan akhlak yang baik agar si kecil tumbuh jadi manusia yang berakhlak baik. Jangan lupa untuk ajarkan pendidikan agama sejak dini agar iman si kecil kuat tak tergoyahkan. Ajarkan sesuai dengan usia dan kemampuannya, jangan memaksakan kehendak jika si kecil mulai terlihat jenuh atau perhatiannya teralihkan dengan mainan yang lain. Biarkan si kecil bermain lalu jika sudah siap ajak kembali si kecil belajar. 

Yang paling penting orang tua harus memberikan contoh kepada si kecil bagaimana bersikap yang baik karna si kecil adalah peniru terhebat. Jika memberikan contoh yang baik pasti si kecil akan menjadi manusia sesuai dengan harapan kita.

Semoga menjadi inspirasi untuk semua.

ummionline

Posting Komentar

 
Top