0
Suasana menghapal Al Quran di Masjid Kampus Bina Amal Kyai Saleh

Alhamdulillah, siswa-siswi SDIT Bina Amal khususnya kelas 5 mendapat kesempatan untuk belajar menghapal Al quran bersama Ust Bobby Herwibowo, Lc, bersama sang istri ustadzah Maya Hayati. Dalam rangka silaturahmi ke Semarang, beliau berdua sengaja bersilaturahmi dengan bapak dan ibu guru Bina Amal yang ternyata dahulu merupakan teman kuliah. Beliau berdua kemudian berbagi ilmu dan inspirasi dalam menghapal Al Quran.

Anak-Anakpun sangat senang dan gembira. Dengan metode menghapal Al Quran semudah tersenyum, ustadz Boby mengawali dengan perkenalan singkat,kemudian dengan pembawaan sederhana dan serba ringkas, kadang diseling humor-humor segar yang membuat anak-anak tertawa.

Peserta memang digiring agar rileks, tidak tegang, tidak berpikir keras. Dan ternyata anak-anak sangat antusias. Mereka di ajak menghapal sambil bermain. Agar terasa lebih menantang, anak-anak di bagi menjadi beberapa kelompok. Dan tiap kelompok saling berhadap-hadapan. Ketika dipancing dengan nama kelompok, mereka dengan segera membaca Al Quran yang baru saja di hapal bersama-sama.

Diakhir acara, ust Bobby memberikan doorprize kepada anak-anak yang berani maju untuk menghapal AlQuran beserta terjemahan, yang baru di ajarkan. Dan luar bisa sambutan anak-anak, mereka berebut untuk maju dan menghapal dengan terjemahannya.

Dan memang benar bahwa kemurnian al-Qur’an akan dijamin oleh Allah Swt. Dia langsung yang menjaganya. Manusia yang merusaknya baik merusak secara fisik atau merusak isinya akan dilaknat oleh-Nya. Akan tetapi, siapa saja yang menjaganya akan dikasihi oleh-Nya. Bentuk penjagaan terhadap al-Qur’an salah satunya dengan cara menghafalnya, baik menghafal 1 juz, 2 juz, 3 juz, atau sampai 30 juz.

Dan memang salah satu mukjizat al-Qur’an adalah isinya yang tidak pernah basi meski zaman semakin berkembang dan hidup silih berganti. Al-Qur’an tidak ketinggalan zaman dan tetap orisinil. Ia adalah kitab monumental yang tidak pernah habis dikaji. Semakin dikaji semakin banyak ilmu yang didapat. Dibuktikan dengan munculnya beberapa mufassir al-Qur’an sejak dahulu. Penafsiran dari berbagai aspek dan disiplin keilmuan

Orang yang menghafal al-Qur’an akan mendapat kemuliaan. Kemuliaan di sisi manusia (bermasyarakat) dan kemuliaan di sisi Allah Swt. Banyak orang berlomba-lomba menghafal al-Qur’an. Tidak sedikit juga muncul lembaga-lembaga pendidikan yang misinya untuk menghafal al-Qur’an. Coba hitung berapa banyak para penghafal di dunia ini. Beribu-ribu orang. Bahkan, ada anak belum baligh sudah mampu menghafal al-Qur’an. Subhanallah! Tentu mereka mempunyai metode-metode tertentu sehingga dengan cepat bisa menghafal al-Qur’an.

Semoga dapat memberikan banyak manfaat dan inspirasi bagi siswa dan guru. Amin
Wallahu a’lam bishowab

us/humas@binaamal.info

galeri foto

Anak-anak ketika relaksasi

anak-anak sedang menghapal dengan gerakan

siapa yang sudah hapal.....

sedang membuat kelompok menghapal sambil bermain kecepatan

lomba kecepatan menghapal antar kelompok

Alhamdulillah, aku dulu....

Alhamdulillah, anak-anak menikmati menghapal sambil bermain

suasana ceria lomba kecepatan menhapal antar kelompok

siapa yang mau maju kedepan untuk menghapal...saya...saya..saya ustaaaaaadz..

Alhamdulillah, selesai menghapal dapat hadiah....



Posting Komentar

 
Top