0
Apakah Anda tahu anak tetangga yang sepertinya tidak pernah sakit? Apakah orangtuanya tahu cara menjaga kesehatan anaknya sementara Anda tidak? Para ahli menyarankan untuk mengikuti enam kebiasaan anak-anak sehat di bawah ini untuk menghindari penyakit.

Menjaga kebersihan tangan

Mencuci tangan secara rutin secara drastis akan mengurangi penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan dan pencernaan. Segerakan anak-anak Anda untuk menyikat tangan (atau menggunakan pembersih tangan) ketika mereka meninggalkan tempat penitipan anak, setelah bermain, dan sebelum mereka makan. Ajarkan anak-anak menyanyikan "selama ulang tahun" untuk diri mereka sendiri sehari dua kali sebelum membilas tangan. Mencuci tangan selama 15-20 detik sudah bisa membuat tangannya bersih.

Jadilah anak yang aktif

Studi menunjukkan bahwa olahraga ringan dapat mengurangi risiko terkena penyakit pilek dan flu mencapai angka 25-50 persen per tahun. Mungkin olahraga bisa meningkatkan sirkulasi sel yang melawan infeksi. Olahraga lebih baik daripada obat di iklan atau mukjizat.

Tidur Cukup

Pastikan anak-anak tetap dalam jadwal tidur lebih awal. Kurang tidur bisa meningkatkan risiko terkena pilek dan flu hampir dua kali lipat. Kebanyakan bayi membutuhkan waktu tidur selama 14 jam per hari. Sementara anak-anak prasekolah membutuhkan 11-13 jam tidur.

Hindari Menyentuh wajah

Virus flu masuk ke dalam tubuh melalui mata, hidung, dan mulut. Pastikan tangan anak Anda tetap jauh dari daerah tersebut. Memang hal itu sulit dilakukan. Mencuci tangan pada saat-saat strategis adalah hal yang paling penting. Ajarkan anak Anda untuk tidak pernah berbagi sedotan, gelas, atau sikat gigi.

Mengonsumsi makanan sehat

Makanan seperti buah dan sayuran berwarna akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak Anda. Carilah makanan yang kaya vitamin C (brokoli, stroberi, dan jeruk) dan vitamin D (tuna, susu, dan sereal). Makan yogurt yang mengandung probiotik juga dapat membantu membangun sistem pertahanan tubuh.

Vaksinasi

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan vaksinasi adalah cara terbaik untuk mencegah flu. Jadi apa yang Anda tunggu?

Sumber : parentsindonesia.com

Posting Komentar

 
Top