0
Meski sudah tahu bahwa olah raga baik untuk kesehatan, namun beberapa keluarga tetap saja belum aktif bergerak. The US Centers for Disease Control and Prevention (CDC) melaporkan bahwa hanya sekitar 20 persen orang dewasa yang telah melakukan aktivitas fisik sesuai anjuran. Tren ini juga diikuti oleh anak-anak yang sekarang lebih suka menghabiskan waktu di depan layar ketimbang berkegiatan di area terbuka.

Bibit-bibit malas bergerak ini jangan dibiarkan tumbuh subur. Anak-anak yang sedari kecil tidak dibiasakan berolah raga biasanya akan malas bergerak saat tumbuh dewasa. Penting bagi mama dan papa menjadikan olah raga sebagai sebuah kebiasaan baik yang menyenangkan. Berikut tipnya agar keluarga Anda tetap fit.

1. Rencanakan Permainan Berburu
Salah satu cara cerdas agar anak tak terpaku pada gadget adalah dengan berburu mencari benda. Mama bisa melakukannya di rumah, di taman, atau saat berlibur ke tempat wisata. Perburuan dapat dilakukan dengan mencari benda tertentu yang ada di lingkungan sekitar atau menemukan binatang dengan ciri-ciri khusus saat di kebun binatang.

2. Olimpiade Keluarga
Tak harus menjadi atlet kelas dunia jika ingin berpartisipasi dalam Olimpiade Keluarga. Yang penting semua anggota keluarga mau bergerak. Pilih cabang olah raga yang tak membutuhkan banyak biaya seperti lari. Mama cukup mencari area terbuka seperti lapangan.

3. Membersihkan Rumah Bersama-sama
Menyapu, mengepel, mencuci piring, menjemur pakaian, membersihkan halaman, dan sebagainya adalah cara lain agar seluruh keluarga dapat bergerak aktif. Pasang musik yang menyenangkan supaya acara bersih-bersih ini jadi semakin seru.

4. Hari Olah Raga Keluarga
Pilih satu hari dalam seminggu sebagai Hari Olah Raga. Setiap minggu, masing-masing anggota keluarga secara bergantian memilih olah raga yang akan dilakukan bersama-sama. Misalnya minggu pertama berenang, minggu kedua jogging, minggu ketiga yoga, minggu keempat basket, dst.

5. Rancang Kegiatan Outdoor
Habiskan akhir pekan bersama keluarga bukan cuma di mal. Pilih kegiatan luar ruangan agar Anda sekeluarga mendapat banyak asupan vitamin D, misalnya bersepeda, berenang, bermain bola, dll.

6. Family Fun Day
Cara lain untuk bergerak adalah mengajak anak pergi ke museum, kebun binatang, atau bermain di taman rekreasi. Tanpa sadar, Anda sekeluarga sudah banyak menghabiskan waktu dengan berjalan kaki.

7. Menjadi Volunteer
Banyak sekali manfaat menjadi relawan, yaitu menghabiskan waktu bersama sebagai sebuah keluarga sekaligus mendapat kebahagiaan karena bisa membantu orang lain. PIlih kegiatan yang disukai anak. Bila ia senang dengan binatang, ia dapat menjadi volunteer untuk memberi makan kucing di shelter. Atau, jika anak Anda senang dengan kegiatan berbau lingkungan, ia bisa ikut menanam pohon atau membersihkan sungai. Bisa berbuat baik sekaligus berolah raga.
sumber : www.parenting.co.id

Posting Komentar

 
Top