2


Ustadz Zuber Safawi memberikan taujih pada ratusan guru dan pegawai LPIT Bina Amal


"Wahai orang-orang yang beriman! Bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertaqwalah kepada Alloh agar kamu beruntung.” (QS Ali Imron : 200).

Yayasan Waqaf Bina Amal menyelenggarakan Bina Kembang Yayasan, Sabtu (30/4) di Aula SDIT Bina Amal 01 Semarang. Agenda rutin bulanan tersebut menghadirkan Ustadz Zuber Safawi sebagai pembicara tunggal dengan materi tentang Dakwah di sekolah dan peran seorang dai.Kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan guru dan pegawai di lembaga pendidikan Islam Terpadu Bina Amal.
SDIT Bina amal merupakan bagian dari dakwah. Salah satu tujuan dakwah adalah membentuk masyarakat islami. Selain itu, target dakwah di tengah masyarakat adalah harus mampu memberi solusi atas penyimpangan-penyimpangan tauhid.
Menurut Ustadz Zuber, sebagai seorang dai, minimal harus memiliki enam sifat yaitu amanah, shidiq, ikhlas, sabar, penyayang, dan tsiqoh. Berkenaan dengan amanah, SDIT Bina amal adalah badan waqaf yang memiliki amanah untuk mendidik anak dengan sebaik-baiknya.
Ustadz Zuber menjelaskan bahwa Rosululloh memiliki sifat benar. Guru sebagai seorang dai pun juga harus memiliki sifat kalam yaitu jujur dalam berbicara dan sikap. “Jika tidak pengting lebih baik diam,” tuturnya. Selain kalam, seorang dai juga harus memiliki azzam (tekad) yang kuat, amal (baik dalam beramal). Sabar memiliki banyak pengertian yaitu sabar dalam ibadah, sabar dari perbuatan maksiat, sabar dalam berjuang, dan sabar terhadap musibah.
Peran Seorang Dai
          “Barang siapa yang menunjukkan kebenaran dan mendapat pahala, maka seorang dai juga akan mendapatkan pahala sebagaimana yang diajarinya,” tutur Ustadz Zuber.  Menurut Ustadz Zuber, guru adalah seorang dai yang memiliki peran diantaranya menunjukkan sikap yang benar, mencegah anak didik berbuat maksiat, memberi contoh yang baik pada siswa, menjaga ketertiban lingkungan sekolah, dan menyerukan kepada walimurid untuk berbuat baik pula. Berkenaan dengan dakwah islam, Sekolah IT adalah bingkai dakwah yang tidak pernah punah. (Bu Syamsi, Humas SDIT Bina Amal)

Posting Komentar

Dedy boy mengatakan... 5 Juli 2016 09.03

bagus tapi jarang dibuka guru bina amal nie,,,

bina amal mengatakan... 18 Juli 2016 11.55

Terima kasih atas kunjungannya Dedy Boy....ayo ajak temen-temennya untuk ikut membuka dan mengirimkan foto kegiatan atau artikel ke web bina amal...

 
Top