0
SD IT Bina Amal Semarang mengadakan Seminar Smart Parenting dengan tema " Menyiapkan Anak di Masa Pubertas " bersama psikolog Nurina, S.Psi., CHA., CGA.

Seminar diadakan pada Sabtu, 19 Maret 2016 dengan peserta merupakan wali murid siswa. Secara umum, seminar berlangsung dengan lancar. Dari sambutan Damar Warsihanto, S.Sos (Ketua MS SDIT Bina Amal) dan  Eko Suryanto, SP.d (Kepala SDIT Bina Amal). Dilanjutkan penyampaian materi dan diskusi. Orang tua juga aktif  berpatisipasi dalam tanya jawab.

Diharapkan dari seminar ini, orang tua memiliki gambaran dan wawasan terkait masa pubertas anak. Usia anak SD yaitu 7-13 tahun merupakan masa-masa peralihan ke remaja. Usia yang rentan karena rasa ingin tahu yang besar dan bersamaan ditandai transisi fisik dari masa kanak-kanak ke remaja. Masa pubertas dibagi dalam 3 kategori masa, masa pra-pubertas (dari 11 - 14 tahun), masa pubertas (14-16 tahun) dan masa pasca-pubertas (16-18 tahun dan bisa panjang berlangsung sampai 24 tahun).

Pada umumnya pengaruh masa pubertas lebih banyak pada anak perempuan daripada laki-laki, sebagian disebabkan karena anak perempuan biasanya lebih cepat matang daripada laki-laki dan sebagian karena banyak hambatan-hambatan sosial.

Komunikasi yang efektif wajib diterapkan oleh orangtua dalam menghadapi masa pubertas anaknya. Untuk itu orangtua juga perlu memperbanyak pengetahuan dengan membaca informasi tentang perkembangan remaja. Orang tua harus memiliki formula yang tepat menghadapi anak di masa pubertasnya. Dan yang paling utama adalah bekal ilmu agama yang membentengi anak dari hal-hal yang dilarang agama.







Posting Komentar

 
Top