0
Ponsel tidak terlepas pada orang dewasa maupun anak-anak. Tetapi sebagai orang tua kita harus bijak mengatasi permasalahan ini. Beberapa tips bagi orang tua yang dilansir dari merdeka.com dapat menjadi panduan bagi kita untuk mengawasi anak dalam penggunaan ponsel.

Tidak ada ponsel berkamera
Penyalahgunaan ponsel sering terjadi pada anak. Jadi, jangan pernah memberikan ponsel berkamera kepada anak Anda. Jika anak tertarik pada fotografi, belikan dia kamera betulan bukan ponsel berkamera.
 
 Non-aktifkan internet di tab
Anak boleh memegang tablet setelah Anda menonaktifkan internet. Penggunaan internet yang terlalu dini bisa berdampak negatif pada perkembangan anak.

Melacak penggunaan internet
Anda dapat memblokir situs-situs dewasa dengan menggunakan sistem Walling di koneksi Internet Anda. Pastikan Anda juga selalu melacak penggunaan internet anak.

Batasi waktu bermain
Banyak anak mulai kecanduan game online atau video games. Mereka menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain di depan layar komputer, ponsel, maupun TV. Maka, sebaiknya batasi kebiasaan buruk itu pada anak. Jangan sampai anak kehilangan waktu bersosialisasinya di luar.

Bermain sambil belajar
Alih-alih membiarkan anak terus bermain, Anda bisa mengarahkannya untuk bermain sambil belajar. Pilih game yang bisa melatih kecerdasan dan ketajaman otak, sehingga anak bisa belajar.

Posting Komentar

 
Top