0





Mas Kariim sedang mengelus kepala kuda

Beberapa siswa melintasi jembatan kampung Jepang

Siswa belajar memberi makan kambing

Beberapa siswa bercakap-kacap dengan kuda
Belajar tidak selalu di dalam kelas. Belajar bisa dilakukan di luar kelas. Seperti itulah yang dilakukan siswa kelas 1 Salman dan Usamah SDIT Bina Amal. Siswa belajar sambil bermain di lembah Kalipancur, Senin (07/03).


Siswa merasa lebih senang dan seru. Mereka bisa menyaksikan secara langsung benda-benda alam yang hidup dan mati. Siswa bisa melihat aneka binatang sepert ikan, rusa, kambing, angsa, kalkun, kuda, dan tumbuhan yang hidup di air dan daratan. Ada ikan yang berenang di air, rusa yang sedang makan rumput, tumbuhan jambu yang sudah berbuah, dan bunga yang mekar.
Selain pengamatan hewan dan tumbuhan yang lebih jelas, mereka juga bisa menemukan hal-hal baru seperti melihat anak ular yang berenang di air kolam.  berdasarkan penemuan itu muncul pertanyaan dari beberapa siswa. Kenapa ular tidak punya sirip bisa berenang di air, apa yang dilakukan anak ular itu, apakah anak ular itu sendang mencari induknya?
Pertanyaan seperti itu akan sulit terungkap manakala siswa belajar di kelas dan hanya melihat buku teks tanpa melihat langsung aslinya. Tidak hanya sikap ilmiah yang akan muncul pada siswa tetapi juga keberanian. Beberapa siswa berlatih memberikan makan pada hewan dan menyentuh hewan secara langsung. Bahkan ada yang mengajak berbicara seolah-olah paham dengan bahasa binatang.
Banyak hal yang ditemukan saat belajar di luar kelas. Siswa bisa bermain sambil belajar. Bisa juga refreshing dan aktif seru seruan dalam permainan. Tidak salah lagi jika pembelajaran di luar kelas adalah kegiatan yang sudah diagendakan SDIT Bina Amal tiap semester. Kegiatan itu sering disebut puncak tema. Dalam satu semester ada tiga puncak tema. Seperti yang dilakukan kelas 1 Salman dan Usamah ke lembah kalipancur dalam rangka puncak tema lingkungan di semester genap tahun pelajaran 2015/2016. (Bu Samsi)

Posting Komentar

 
Top