1
Guru-guru serius mendengarkan paparan "Mendidik Anak Metode Nabi" oleh Ustadz Charis



“Didik dan persiapkanlah anak-anakmu karena mereka diciptakan untuk hidup pada masa yang berbeda dengan masamu” (Ali bin Abi Thalib R.A)
Pesan Ali bin Abi Thalib RA tersebut mengandung maksud bahwa dalam mendidik anak,
tidak cukup hanya menggunakan pengalaman saja namun harus ditambah dengan ilmu
. Hal itu menunjukkan orang tua harus belajar dan banyak membaca bisa menyesuaikan pengajaran di masa sekarang.
Pengajaran yang harus dilakukan pada anak agar menjadi solih dan solihah dijelaskan oleh Ustadz Ngabdul Charis sebagai pembedah tunggal buku “Islamic Parenting Pendidikan Anak Metode Nabi”, Sabtu (16/1) di Kelas 4 Anas bin Malik dan 4 Abu Hurairah SDIT Bina Amal 1 Semarang. Buku dengan judul asli “Athfalul Muslimin Kaifa Robahumun Nabiyul Amin SAW” karangan Jamal Abdurrahman dan diterjemahkan oleh Agus Suwandi dikupas tuntas terutama bab 1 yaitu Pendidikan Anak Usia 0-3 Tahun.
Menurut Ustadz Charis ada beberapa point penting dalam mendidik anak yaitu berdoa untuk anak saat masih dalam sulbi ayahnya, adzan di telinga kanan bayi saat bayi lahir, mentahnik bayi dengan kurma dan mendoakannya, memberikan zakat fitrah atas nama bayi yang baru lahir, merayakan kelahiran bayi  dengan aqiqah, memberi nama yang baik untuk anak berikutnya, menyusui dan menafkahinya, mengajarkan kalimah tauhid,  mengajarkan etika berpakaian, memperlakukan anak dengan kasih sayang, menekankan anak agar berkata jujur, dan memberi  waktu kepada anak untuk bermain bersama.
Selain itu, orangtua juga perlu memberikan sikap memperhatikan mereka dengan santun dan kelembutan serta kasih sayang. Jika anak bertanya maka orangtua memberi jawaban-jawaban yang positif. Orangtua tidak perlu melakukan upaya disiplin yang kaku dan keras. Tentunya orangtua juga menjadi teladan dalam ucapan dan perbuatan. Dengan sendirinya anak akan terdidik dengan mengambil contoh dari orang tua. Harapan dari kegiatan bedah buku yang dihadiri 44 guru adalah penerapan mendidik anak dengan metode Nabi Muhammad SAW.
Keutamaan mendidik anak metode nabi penting sebab anak yang solih dan solihah adalah investasi abadi dunia akhirat. Kedudukan anak solih solihah sejajar dengan shodaqoh jariyah dan ilmu yang bermanfaat. (Syamsi)

Posting Komentar

 
Top