0
Douglas Brown J menamakan guru yang kreatif itu sebagai Teacher Scholar. Jika kita mengajar dengan baik pada hakikatnya bisa juga disebut kreatif. Guru harus mengajar dengan cara yang kreatif dan inovatif.

Seorang guru harus bisa mengembangkan ide-ide lama menjadi ide-ide baru. Juga memadu padankan ide-ide lama dan ide-ide baru sehingga menjadi ide-ide yang luar biasa kreatif dan inovatif.

Dalam pemanfaatan sumber belajar, guru mempunyai tanggung jawab membantu peserta didik belajar agar belajar lebih mudah, lebih lancar, lebih terarah. Oleh sebab itu guru dituntut untuk memiliki kemampuan khusus yang berhubungan dengan pemanfaatan sumber belajar. Menurut Ditjend. Dikti (1983: 38-39), guru harus mampu: 
  1. Menggunakan sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari. 
  2. Mengenalkan dan menyajikan sumber belajar.
  3. Menerangkan peranan berbagai sumber belajar dalam pembelajaran.
  4. Menyusun tugas-tugas penggunaan sumber belajar dalam bentuk tingkah laku. 
  5. Mencari sendiri bahan dari berbagai sumber. 
  6. Memilih bahan sesuai dengan prinsip dan teori belajar. 
  7. Menilai keefektifan penggunaan sumber belajar sebagai bagian dari bahan pembelajarannya. 
  8. Merencanakan kegiatan penggunaan sumber belajar secara efektif.
Di samping kemampuan di atas, guru perlu :
  1. Mengetahui proses komunikasi dalam proses belajar, yang bahannya diperoleh dari teori komunikasi dan psikologi pendidikan, 
  2. Mengetahui sifat masing-masing sumber belajar, baik secara fisik maupun sifat-sifat yang ditimbulkan oleh faktor lain yang mempengaruhi sumber belajar tersebut, 
  3. Memperolehnya, yaitu tahu benar dimana lokasi suatu sumber dan bagaimana cara memberikan pelayanannya. Kemampuan tersebut dimaksudkan untuk memberikan gambaran bahwa guru perlu menyadari pentingnya kemampuan-kemampuan khusus yang dikembangkan bila menginginkan proses belajar mencapai sasaran yang optimal. Sajian ini akan mencoba menyoroti dari 3 (tiga) bagian yaitu, sumber belajar, pemanfaatan sumber belajar, dan pengelolaan sumber belajar.

Posting Komentar

 
Top