0
Pramuka
Siswa adalah generasi penerus bangsa, kualitas siswa sangat menentukan bagaimana bangsa kita terbentuk kedepannya. Jika kualitas yang ada bagus bangsa ini akan menjadi hebat begitu sebaliknya. Tidak hanya kualitas yang menentukan, tetapi kepribadian yang baik dan hebat juga berpengaruh dalam pembentukan bangsa ini. Salah satu cara untuk mengembangkan kepribadian diri siswa dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah.

PMR
SMP Bina Amal menyiapkan kegiatan ekstrakurikuler dengan pendampingan yang berpengalaman sehingga dapat meraih prestasi. Tidak hanya prestasi tetapi mendapatkan manfaat lainnya .

Beberapa manfaat siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler :

Basket
Menjadikan siswa aktif
Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler memberikan ruang dan kesempatan kepada siswa untuk menjadi pribadi yang aktif dan produktif. Karena mereka menghabiskan waktu dan energi untuk kegiatan yang positif.

Mengajarkan kerja sama tim
Dalam kegiatan ekstrakurikuler umumnya  siswa akan bertemu dengan teman-teman baru dan dalam beberapa hal harus mencoba bekerja sama dengan mereka. Bahkan ekskul yang tampaknya kurang dalam aspek sosialisasi seperti menjadi anggota perpustakaan pun tetap butuh interaksi dan sosialisasi dengan orang lain. Hal seperti ini akan mengajarkan anak untuk komunikasi dan koordinasi sejak dini. Dan pastinya ikut meningkatkan rasa percaya diri mereka dalam bersosialisasi.
Menyalurkan energi dan kreativitas
Salah satu sisi positif dari ekstrakurikuler yang tidak bisa diabaikan adalah kegiatan ini bisa menjadi wadah bagi siswa untuk menyalurkan energi dan kreativitas dengan cara yang positif. Melalui kegiatan ekstrakurikuler siswa jadi bisa menyalurkan minat. Mereka jadi terdorong untuk mengembangkan bakatnya.
Mengurangi resiko stres
Ketika seseorang melakukan kegiatan yang disukai di antara serangkaian rutinitas yang harus dijalani setiap hari, kemampuan mereka dalam menghadapi stres juga semakin tinggi. Kegiatan sekolah dan tugas rumah yang padat bisa membuat mereka rawan terkena stres. Dan melakukan hal-hal yang menyenangkan di luar aktivitas sekolah bisa menjadi terapi anti depresi yang ampuh untuk mereka. Selama aktivitas ekstrakurikuler siswa mendapat kesempatan untuk bersantai dan melepaskan ketegangan selama jam pelajaran.
Belajar manajemen waktu
Dengan mengikuti aktivitas ekstrakurikuler siswa jadi memiliki banyak kegiatan. Dan dengan memiliki aktivitas yang padat seperti ini mau tak mau mereka harus belajar untuk mengatur dan memprioritaskan waktu. Hal seperti ini akan berguna untuk mereka di masa depan.


Posting Komentar

 
Top