0

Pemilihan Raya atau disingkat pemira merupakan momentum sebagai proses pembelajaran demokrasi kepada generasi muda. Dan ini juga tidak dilewatkan Bina Amal untuk mengajarkan kepada siswa siswinya sistem demokrasi yang adil dan jujur.

Untuk memilih ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) yang baru maka dilakukan pemira secara langsung. Siswa yang mencalonkan diri diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi misi dan aspirasinya didepan pendukungnya. Setelah itu siswa memberikan hak suaranya. Panitia menyiapkan bilik suara, kertas suara serta tinta. 

OSIS adalah suatu organisasi yang berada di tingkat sekolah di Indonesia yang dimulai dari Sekolah Menengah yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). OSIS diurus dan dikelola oleh murid-murid yang terpilih untuk menjadi pengurus OSIS.

Karena ditetapkan OSIS sebagai salah satu jalur pembinaan kesiswaan secara nasional. Jalur tersebut terkenal dengan nama “Empat Jalut Pembinaan Kesiswaan”, yaitu :
  • Organisasi Kesiswaan
  • Latihan Kepemimpinan
  • Kegiatan Ekstrakurikuler
  • Kegiatan wawasan Wiyatamandala
Siswa diberikan kebebasan untuk memilih. Tanpa perlu money politic atau bahkan kecurangan lainnya.  Inilah sistem demokrasi yang harus diterapkan dalam masyarakat selama PEMLU.

Galeri Foto : 

























Posting Komentar

 
Top