0
Berteman menjadi salah satu prioritas dalam hidup anak praremaja. Tak mengherankan jika teman adalah segala-galanya baginya. Namun, bagaimana bisa anak terpaksa berpisah dari temannya?

Penyebab: Pada usia ini, anak sedang senang-senangnya nge-gang. Masalah akan muncul jika ia harus pindah sekolah atau keluar kota. Ini karena anak sudah keburu punya banyak teman. Bila tiba-tiba harus pindah, kadang sulit baginya untuk menjalin pertemanan di tempat yang baru. Padahal, ia butuh teman dalam kesehariannya.

Lakukan ini! Perkenalkan anak dengan tempat barunya secara perlahan-lahan. Mulailah dengan lingkungannya dulu, yakni lingkungan rumah dan sekolah. Bila ia belum bisa mendapat teman juga, Anda harus mempunyai back up. Apa itu? Melanjutkan aktivitas yang paling disukainya di kota lama. Bila anak suka main basket, cari klub basket. Dengan begitu, ia bisa mempunyai teman dan tidak merasa sendirian. Ingat, anak belajar dari pengalaman. Jangan sampai ia punya perasaan sulit diterima orang lain atau lingkungan hingga besar nanti. Padahal, sebenarnya ia bukan susah, melainkan memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Jadi, anak harus benar-benar dipersiapkan. Biarkan ia melakukan hal yang disukai agar lebih mudah masuk ke lingkungan barunya. Ini bisa menjadi semacam comfort zone untuknya. Itu sebabnya mengapa anak-anak SD penting untuk mempunyai hobi. Dengan memiliki minat sama, mudah baginya untuk mengobrol dengan anak lain. Jadi, ia tidak hanya mengandalkan teman rumah atau sekolah saja.

Ini saatnya untuk mulai menjadi teman anak-anak. Untuk itu, Anda harus tahu semua kesukaannya. Misalnya, lagu favorit anak. Jika ia suka Taylor Swift, kenali juga lagu-lagunya. Semua ini akan membangun rasa percaya anak kepada Anda. Jadi, begitu ada masalah, ia akan menceritakannya kepada Anda. Anak usia ini senang berteman. Hanya saja, dalam pertemanannya, kadang-kadang timbul masalah. Kalau temannya marah, ia langsung down. Di sini, Anda harus berperan sebagai temannya.
Sumber : www.parenting.co.id

Posting Komentar

 
Top