0
Saat ini banyak orang memilih asisten yang rumah tangga (ART) tidak tinggal di rumah, dari alasan bujet hingga rumah yang terlalu kecil sehingga tidak ada lagi kamar kosong. Para asisten ini datang dan pulang sesuai waktu yang disepakati bersama. Ada yang seharian (datang pagi pulang sore), tapi ada juga yang bekerja untuk waktu yang lebih singkat, 2-4 jam saja. Asisten seperti ini banyak bekerja di lingkungan apartemen, walaupun sekarang sudah banyak juga di lingkungan perumahan. Jika Anda memilih asisten seperti ini, cermati hal berikut:
  1. Cek di mana rumahnya, minta salinan KTP-nya. Ada baiknya Anda mendatangi rumahnya terlebih dahulu untuk memastikan kebenarannya. Perhatikan apakah dia tinggal bersama keluarganya atau kos bersama temannya. Berkenalanlah dengan keluarganya, minta nomor kontak mereka juga.
  2. Idealnya, rumahnya tidak jauh dari rumah Anda. Ya, kebanyakan, asisten yang pulang-pergi ini tinggal tidak jauh dari rumah tempat dia bekerja, atau masih dalam satu lingkungan. Ini sebenarnya memudahkan dirinya dan Anda, antara lain untuk menghindari keterlambatan dan tambahan biaya transportasi.
  3. Pastikan apakah gajinya sudah mencakup biaya transportasi, jika dia tinggal relatif jauh dari rumah Anda.
  4. Sepakati job description-nya sejak awal. Misalnya, apakah dia hanya membereskan rumah dan memasak saja, atau mengasuh anak dan beberes rumah, dll.
  5. Tentukan dari mula kapan dia harus datang. Lebih baik ada jadwal rutin, sehingga tidak menyulitkannya.
Sumber : www.parenting.co.id

Posting Komentar

 
Top