0
Sehubungan dengan minta uang ini, Rosdiana mengingatkan agar Anda harus hati-hati bila anak minta uang. Kenapa? Kalau jumlah yang diminta sangat banyak dan memintanya juga terus menerus, bukan tak mungkin anak sedang senang main online game. Dan, hal ini sangat sulit dipantau. Alasan lain adalah mungkin saja anak minta uang untuk‘membeli’ temannya.

Penyebab: Kebutuhan untuk berteman dan untuk bermain online game. Kenapa? Ia tidak tahu bagaimana caranya berteman. Baginya, cara paling efektif untuk berteman adalah dengan ‘membeli’ temannya. Ia rela mengeluarkan sejumlah uang untuk membayari temannya berbagai hal. Kebutuhan untuk berteman anak-anak usia ini sangat tinggi sehingga ia bisa menghalalkan segala cara untuk memenangkan hati teman-temannya. Lalu, apa yang dicari anak dengan bermain online game?

Ternyata, menurut Rosdiana, ada suatu penelitian tentang apa yang dicari dari bermain online game. Lalu, apa jawabannya? Teman. Kasihan sekali, ya. Ada juga anak yang tidak mempunyai teman di dunia nyata dan pelariannya adalah mencari teman via online game. Sayangnya, Anda tidak tahu apakah orang tersebut benar-benar sebaya dengannya atau tidak? Dan, saat berteman, bukankah sebaiknya kita pilih orang yang sudah kita tahu benar? Selain menguras uang, game online itu bisa membuat anak kecanduan dan ini sangat berbahaya!

Yang harus dilakukan: Anda harus bersikap lebih hati-hati. Pantau anak ke mana ia pergi dan sedang melakukan apa. Perlukah ke psikolog? Jika anak sampai kecanduan main online game, ini berarti ia harus segera diterapi. Sehubungan dengan hal ini, di Belanda sampai ada tempat rehabilitasi untuk mereka yang kecanduan game. Kenapa? Kecanduan game mirip kecanduan narkoba. Bisa membuatnya putus sekolah, dll.
Sumber : www.parenting.co.id

Posting Komentar

 
Top