0
Perokok memang bukan pekerjaan mudah. Bila aturan yang dibuat pemerintah berikut dengan sanksinya saja masih dilanggar, apalagi jika kita para mama yang menegur secara langsung.

Bagaimana cara efektif menegur orang yang merokok di sekitar anak?

1. Pastikan Anda dan anak bukan berada di area khusus merokok. Perda yang mengatur ketentuan merokok di tempat umum memang melarang orang merokok di pusat perbelanjaan, bandara, terminal, tempat kerja, sarana pendidikan, perkantoran, dan rumah ibadah. Namun, di beberapa tempat disediakan ruangan khusus untuk merokok. Jangan berada di ruangan tersebut bila tak ingin terpapar asap rokok.

2. Bila Anda tidak berada di ruangan khusus merokok namun ada orang yang merokok dekat Anda (dan anak), tegur secara baik-baik.Ingatkan mengenai perda larangan merokok di tempat umum. Katakan juga sebaiknya tidak merokok dekat anak-anak. Gunakan kalimat-kalimat langsung yang lugas seperti: “Tolong matikan rokok Anda, ini tempat umum yang bebas asap rokok.” atau “Mohon tidak merokok di sini, saya dan anak-anak merasa terganggu.”

3. Sudah menegur tetapi dianggap angin lalu? Pura-pura batuk di dekat si perokok. Teruslah batuk hingga ia merasa risih dan terganggu. Bila perlu mulailah batuk-batuk meski si perokok jaraknya masih tiga meter dari Anda dan anak.

4. Tataplah si perokok dengan memicingkan mata dan lontarkan komentar sinis sambil berbisik dengan orang tua lain yang juga berada di dekat area.

5.Mulailah membuat daftar komplikasi penyakit akibat rokok dan bicarakan hal tersebut dengan orang yang sedang bersama Anda. “Ternyata, merokok bukan cuma menyebabkan kanker, lho, liver juga bisa ikutan rusak. Belum lagi stroke, tekanan darah tinggi, penyakit , dan sebagainya.”

6.Jelaskan pada anak tentang bahaya rokok, bila perlu sambil menunjuk pada si perokok, bahwa merokok adalah pilihan buruk. Lakukan hal itu setiap kali melihat perokok ada di dekat kita.

Posting Komentar

 
Top