0

Sah-sah saja sih, usaha orangtua untuk memberikan yang terbaik bagi anak. Namun, sebelum belajar baca tulis, ada persiapan yang harus dilewati dulu agar anak lebih termotivasi untuk belajar.

Anak perlu menyukai buku terlebih dulu sebelum belajar membaca. Karena itu, bacakan buku setiap hari pada anak dan jadwalkan kunjungan rutin ke toko buku.

Anak punya kemampuan untuk menggunakan dan menikmati bahasa dengan baik. Misalnya, menggunakan bahasa untuk bernyanyi atau berpantun.

Anak punya kontrol yang baik atas tubuhnya, terutama tangan agar ia mudah menulis.

Pilih buku yang tepat:

Untuk si 3-4 tahun
  • Isi cerita sebaiknya berhubungan dengan kejadian sehari-hari dalam kehidupan anak, misalnya hari pertama sekolah atau adik baru.
  • Pada rentang usia ini, isi cerita juga sebaiknya memperluas pengetahuan anak, misalnya cerita tentang anak-anak di negara lain.
  • Buku yang berkaitan dengan emosi juga bisa bermanfaat, misalnya menghadapi teman yang nakal, dan lain-lain. Tapi, jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan minat anak agar buku yang Anda beli membuatnya tertarik.

Untuk si 4-5 tahun
  • Di usia ini anak membutuhkan buku yang bisa mengembangkan pemahaman terhadap kehidupan orang lain. Contoh: cerita tentang profesi polisi.
  • Isi cerita sebaiknya sudah lebih panjang dan plotnya lebih kompleks serta lebih banyak tulisan daripada gambar.
  • Pilih buku dengan bahasa yang baik dan sederhana karena anak usia ini sudah mulai belajar bahasa yang baik dan benar. Cerita humor juga bisa jadi pilihan.

Posting Komentar

 
Top