0


Latihlah tahapan hipnosis berikut dan lakukan berulang-ulang agar sugesti yang Anda tanamkan bisa bekerja efektif. Hasilnya, si kecil akan memiliki sikap terpuji seperti yang Anda harapkan. Selamat mencoba.

1 Keyakinan. Pertama kali, Anda perlu yakin metode ini bisa bekerja. Dengan keyakinan, Anda akan menjiwai sugesti yang Anda bisikan ke anak. Jika Anda ragu, percuma saja.

2 Rileks. Tidak hanya ucapan Anda yang ditangkap alam bawah sadar anak, melahirkan energi Anda. Ketika Anda merasa rileks dan nyaman, si kecil akan menangkap energi tersebut dan dia pun mendengarkan sugesti Anda dengan tenang.

3 Menuliskan Sugesti. Supaya Anda tidak perlu berpikir untuk merangkai kata-kata saat melakukan hipnosis, ada baiknya Anda menuliskan sugesti yang ingin Anda sampaikan. Ketika mempraktikan hipnosis, Anda tinggal membacakan kalimat yang sudah Anda tulis.

4 Kalimat positif. Susun kata-kata positif yang pendek, singkat, dan jelas. Hindari pemakaian kata “jangan”, “tidak”, dan “bukan”. Misalnya, ketika Anda ingin memasukkan sugesti agar anak rajin belajar, katakan, “besok, adik jadi anak rajin, ya.”  Atau, ketika si kecil kerap memukul temannya, katakan, “Sayangi temanmu, ya, nak”.

5 Amati tarikan napas. Sebelum memberikan sugesti, hitung tarikan napas anak. “Sebaiknya antara 6-8 tarikan napas per menit. Ini untuk menjamin anak sudah tidur pulas.

6 Lewati critical area. Dekati anak dengan lembut, pegang dagunya, lalu goyangkan dagu anak sedikit ke kiri dan ke kanan sambil mengucapkan kalimat berikut dengan mantap disertai nada rendah datar: “Ini mama yang bicara. Kamu bisa dengar mama tapi tetap tutup mata. kamu bisa dengar mama tapi tetap tutup mata. kamu bisa dengar mama tapi tetap tutup mata.

7 Menunggu respons. Jika anak tidur sangat lelap, kalimat di atas mungkin perlu diulangi beberapa kali sehingga Anda bisa menembus pikiran bawah sadarnya. Lanjutkan dengan kalimat, ”Jika kamu dengar, gerakan telunjuk yang mama sentuh. Jika kamu dengar, gerakkan telunjuk yang mama sentuh, kamu bisa dengar mama tapi tetap tutup mata.

8 Bacakan sugesti. Setelah pikiran bawah sadar anak merespons, bacakan sugesti yang telah Anda susun sebanyak tiga atau empat kali untuk memastikan sugesti tersebut sampai ke pikiran bawah sadar anak.

9 Kalimat penutup. Setelah semua tahapan itu selesai, tutup dengan kalimat berikut, “kalau mama berhenti bicara, kamu akan kembali tidur nyenyak seperti tadi. Kamu tidak akan ingat apa yang baru saja mama sampaikan tapi kamu merasakan perubahan dalam dirimu ketika bangun besok pagi dengan sangat segar.Segera tidurlah kembali dengan sangat nyenyak.

Posting Komentar

 
Top