0

Sekolah memang penting, tapi sekolah bukan satu-satunya tempat untuk anak memeroleh pendidikan. Di luar sekolah ada tempat-tempat yang bisa meningkatkan pendidikan anak. Inilah cara meningkatkan pendidikan anak di luar sekolah

Kenalkan pada perpustakaan umum

Perpustakaan umum adalah sumber ilmu paling berharga yang menyediakan pendidikan gratis melalui koleksi buku atau arsip. Perpustakaan adalah jembatan untuk mendapatkan informasi dan topik menarik. Di perpustakaan umum semuanya tersedia dab siap dibagikan kepada anak. Anda bisa meminta bantuan profesional untuk membimbing anak pada ilmu pengetahuan.

Jelajahi dunia di setiap kesempatan


Ketika Anda bepergian dengan anak-anak—apakah itu perjalanan sehari atau liburan selama seminggu—mereka dapat belajar banyak tentang dunia. Anda dapat mengajarkan anak tentang sejarah, geografi, keragaman budaya, tradisi, dan adat istiadat. Cara Anda melakukan perjalanan bersama keluarga dapat memicu rasa ingin tahu anak.

Pendidikan setiap hari

Kegiatan sehari-hari dapat membuka pintu untuk pelajaran baru yang menarik. Misalnya, memanggang kue dapat mempraktikan ilmu matematika, fisika, dan gizi. Menonton pertandingan olahraga dapat mengajarkan statistik, sejarah, dan kerja sama tim.

Kenalkan kepada Kebudayaan

Kenalkan anak-anak pada sesuatu yang bersifat artistik dan sosial sebanyak mungkin. Museum, kebun binatang, situs sejarah, dan acara budaya seperti drama, opera, balet, dan konser adalah cara yang bagus untuk mengajar dan menghibur anak. Sering kali, anak-anak menemukan petualangan lebih menyenangkan daripada duduk di meja kelas. Plus, mereka dapat memerluas wawasan dan mungkin membangkitkan hobi dan passion.

Ikuti kegiatan keagamaan


Jika keluarga Anda merupakan bagian dari komunitas agama, ajak anak-anak Anda terlibat dalam kelas keagamaan, retret, dan kelompok pemuda. Anak-anak akan belajar tentang agama melalui konteks sejarah serta konsep religius dan spiritual.

Posting Komentar

 
Top