0

Saat Anda menghukum si anak 3 tahun masuk kamar karena dia memukul adiknya, dia mulai membentur-benturkan kepala di lantai dengan kemarahan. Tampaknya penerapan time-out atau menyetrap tidak efektif bagi anak.

SOLUSI: Coba pendekatan time-in.

Time-out atau setrap bertujuan memberi kesempatan anak untuk menenangkan diri, bukan menghukum. Sebagian anak merespons time-out dengan baik. Mereka diam di kamar sampai merasa tenang. Namun sebagian anak lain melihat cara itu sebagai penolakan, dan mereka menjadi marah. Plus, time-out tidak mengajari anak cara bersikap yang baik. Sebagai alternatif, Dr. Sonna menyarakankan “time-in,” yaitu Anda duduk tenang bersama anak. Jika dia sangat marah, peluk dia hingga merasa tenang, kata Linda Sonna, PhD, penulis The Everything Toddler Book.

Begitu dia rileks, jelaskan dengan lembut bahwa perilakunya tidaklah baik. Anda terlalu marah untuk menenangkan anak? Terapkan time-out untuk diri Anda; begitu Anda rileks, jelaskan perilaku yang Anda harapkan dari anak. Anda bisa mulai dengan mengatakan, “Apa yang bisa kamu lakukan selalin memukul saat Milo mengambil mainanmu?”

Posting Komentar

 
Top