0

Anda mendengar anak-anak saling mengejar berkeliling rumah dan Anda seketika berteriak. Anda khawatir mereka berkelahi dan segera turun tangan untuk menghentikan aksi tersebut. Para ahli menilai hal seperti itu bukan tindakan yang tepat.

Seringkali orang tua merasa perlu ikut serta setiap kali anak melakukan sesuatu. Selalu menjadi bad guy itu melelahkan, kata Michele Borba, EdD, penulis The Big Book of Parenting Solutions.

Ingat bahwa anak-anak terkadang melakukan sesuatu yang mengganggu karena mereka memelajari keterampilan baru. (Si batita bisa saja menumpahkan jus ke dalam sereal karena dia sedang belajar soal benda cair.) Di lain waktu, mereka mencari perhatian. Lalu kapan waktu yang tepat untuk bereaksi?

Dr. Borba punya aturan wajib: Jika keselamatan anak tidak terancam, cobalah menunggu sambil mengawasi. Jika si anak 6 tahun memutar alat perekam dengan hidungnya, usahakan untuk tidak berteriak. Lihat apa yang terjadi jika Anda melanjutkan pekerjaan seperti tidak terjadi apa-apa. Kemungkinan besar, jika Anda tidak merespons, dia akan menghentikan kegiatannya–dan Anda akan merasa lebih tenang karena terhindar dari kontes berteriak.

Posting Komentar

 
Top