0

Jangan buru-buru cemas kalau anak sering terlihat melamun. Selama melamun tidak mengganggu aktivitasnya sehari-hari, ternyata banyak juga lho, manfaatnya. Coba saja lihat beberapa poin di bawah ini.
  • Menjadi sumber kesenangan anak khususnya saat mereka sedang tidak bahagia dengan kehidupan nyata. Jadi, melamun bisa menjadi salah satu cara mengurangi stres di mana dalam lamunan semua terlihat indah dan menyenangkan hati.
  • Menjadi pemenuhan sementara dari keinginan yang tidak bisa dicapai anak (wish-fulfillment experience). Misalnya, anak dilarang main basket di suatu sore, maka lewat lamunan dia bisa seolah berada di lapangan sedang main basket.
  • Mengalami ketertarikan dan keasyikan tersendiri yang di dunia nyata tidak dia temukan. Contoh, anak bisa melamunkan perjalanan yang menantang bak Indiana Jones.
  • Menjadi media untuk katarsis (pencurahan beban emosi) bagi anak. Contoh, anak yang takut tampil di depan banyak orang akan melamun berani tampil di depan banyak orang. Jadi, anak seolah melakukan ‘latihan’ sebelum benar-benar mempraktekkan.
  • Merangsang kreativitas. Lewat lamunan, tidak jarang anak memperoleh ide-ide cemerlang. Misalnya, anak mewujudkan lamunan dalam bentuk gambar atau karya nyata lain.

Posting Komentar

 
Top