0

Setelah tahun 2009 pemerintah mencanangkan wajib belajar 9 tahun (SD dan SMP) pada Juni tahun ini rencananya pemerintah akan mencanangkan wajib belajar 12 tahun. Demikian Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan.

Dengan dicanangkannya program tersebut, berarti setiap anak Indonesia wajib masuk sekolah hingga tingkat SMU/sederajat dan pemerintah wajib membiayai serta menyediakan fasilitasnya. Sebenarnya program wajib belajar 12 tahun sudah dirintis pemerintah sejak tahun 2012, namun saat itu masih lebih berfokus pada pemenuhan wajib belajar 9 tahun antara lain lewat dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SD dan SMP.

Nanti sebagai langkah awal wajib belajar 12 tahun, rencananya pemerintah juga akan mulai menyalurkan dana BOS untuk SMA/SMK dan Madrasah Aliyah.

Banyak pihak mendukung rencana tersebut, apalagi masih banyak lulusan SMP yang tidak melanjutkan pendidikan ke SMA dengan alasan terkendala biaya. Namun disadari juga bahwa rencana ini akan mengalami banyak tantangan, mulai dari keterbatasan anggaran pemerintah, kurangnya jumlah sekolah dan guru serta fasilitas-fasilitas penunjang pendidikan lainnya. Walau bagaimana pun, yuk, Ma, kita dukung terus upaya pemerintah memenuhi hak anak-anak Indonesia untuk mendapat pendidikan.

Posting Komentar

 
Top