0
 
Sebenarnya, tersedia tes psikologis untuk mengetahui minat belajar anak pada saat ini hanya tersedia untuk remaja, saat minat sudah mulai mengkristal. Sedangkan untuk anak usia dini hingga sekolah, tidak perlu perangkat tes khusus karena pada usia tersebut minat anak masih mudah berubah. Jadi untuk meningkatkan minat belajar anak, Ari Ahmadi, psikolog dari Essa Consulting menyarankan orang tua untuk:

- Melakukan kegiatan eksplorasi bersama anak-anak. Misalnya, berjalan-jalan ke museum, mengenalkan berbagai profesi yang ada di masyarakat, dan mengikutkan anak ke kegiatan ekstrakurikuler.

- Tetap tenang. Masa depan anak tidak berakhir ketika nilainya turun. Bicarakan hal ini bersama anak dalam suasana santai dan menyenangkan.

- Konsultasi pada guru kelas. Guru adalah orang yang paling tahu sikap belajar anak selama di sekolah. Diskusikan perilaku dan sikap belajar anak yang menjadi masalah untuk menemukan penyebabnya.

-  Introspeksi diri. Orang tua juga harus melakukan introspeksi diri. Apakah Anda sudah membantu anak menciptakan mindset belajar sebagai kegiatan yang menyenangkan?

- Hubungi profesional yang bisa membantu Anda apabila merasa tidak dapat menangani masalah anak secara mandiri.

Posting Komentar

 
Top