0

Agar atlet kecil Anda tetap sehat dan aman saat berolahraga, coba langkah berikut

- Pemanasan dan pendinginan. Sendi tubuh anak akan kaget bila ia tidak melakukan pemanasan terlebih dulu sebelum berolahraga. Minta dia sekedar melakukan jogging di tempat atau melakukan stretching anggota-anggota tubuhnya sebelum benar-benar bermain bola atau olahraga berat lainnya.

- Ketahui tata cara permainan olahraga yang benar. Dengan mengetahui apa yang benar atau salah dilakukan, anak lebih terjaga dari cidera atau menciderai teman olahraganya. Ajarkan juga padanya nilai penting dalam permainan olahraga yaitu berperilaku sportif. Bila diperlukan. kenakan alat pengaman olahraga, seperti pelindung siku, lutut, atau kepala.

- Ajak anak mencoba berbagai olahraga. Tiap olahraga dapat melatih bagian tubuh yang berbeda. Coba ajak ia mencoba bermain basket di bulan ini, berenang di bulan depan, atau bela diri di lain kesempatan lagi. Ini akan membuatnya menjadi atlet yang lebih baik.

- Jangan berolahraga saat sedang cedera. Ini sangat penting, lho. Memang, bila sangat menyukai permainan olahraga, godaan untuk segera bermain setelah cedera sangatlah berat.Tapi, bila belum sembuh benar, cedera atau luka anak bisa bertambah parah atau membuat proses penyembuhan semakin lama. Beri anak pengertian dan ajak dia beraktivitas seru lain yang lebih aman.

Posting Komentar

 
Top