0

Jujur deh, siapa dari kita yang rutin menyiapkan sarapan tiap pagi untuk anak? Bila Anda sendiri terbiasa sarapan, mungkin Anda akan menerapkan hal yang sama pada anak. Tapi ngaku deh, kadang-kadang, Anda sengaja melewatkan sarapan demi berbagai alasan, kan? Takut gemuk, tidak ada waktu, bangun kesiangan, tidak lapar, malas, tidak biasa, dll.

Padahal, sarapan banyak manfaatnya, lho! Tubuh punya simpanan energi dalam bentuk glikogen yang disimpan di otot dan hati. Saat tidur, bukan berarti badan berhenti bekerja. Glikogen dijadikan bahan bakar sebagai proses biokimia dalam tubuh. Karena itu, kadar gula tubuh akan turun pada saat Anda bangun. Anda butuh energi baru untuk menggantikan energi yang hilang. Nah, disinilah sarapan berperan, yaitu menggantikan energi secara optimal. Sayangnya, menurut survei independen Radani Edutainment, ternyata hanya 1 dari 10 anak yang memperoleh sarapan bergizi lengkap dan seimbang.

Lalu, apa dong, yang sebaiknya dikonsumsi saat sarapan agar kecukupan gizi terpenuhi? Hindari makanan yang hanya mengandung kalori kosong (karbohidrat saja). Sarapan terbaik adalah yang memenuhi pola makan seimbang. Sarapan harus memenuhi 6 kelompok zat gizi: karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serta air. Setiap jenis makanan ini saling melengkapi dan diperlukan bagi tubuh.

Tantangan bagi Andalah untuk menyiapkan sarapan pagi yang lezat dan bergizi buat anak. Orangtua biasanya ingin agar sarapan dapat dikonsumsi dalam perjalanan, berbahan natural, mudah menyiapkannya, dan berserat tinggi.

Salah satu bahan yang baik untuk ada dalam menu sarapan si kecil adalah keju. Keju dapat diolah menjadi aneka makanan yang menggugah selera makan si kecil. Sebagai sumber kalsium selain susu, keju bisa dimanfaatkan sebagai sisipan makanan, dan selingan untuk memenuhi kecukupan asupan kalsium dalam sehari. Keju juga tidak menggemukkan jika disusun dalam masakan yang memenuhi gizi seimbang.

Peduli akan hal ini, Keju Kraft mengkampanyekan "Tiga Cara Enak Dapatkan Gizi untuk TulangMOOO!!" Nah, salah satu cara dari selalu tampil prima di pagi hari adalah dengan sarapan di pagi hari. sarapan ibarat bensin bagi kendaraan. JIka kita melewatkan sarapan, badan akan terasa lemas dan stamina pun tidak terjaga. Karenanya, Anda justru akan sering mengemil makanan yang sarat gula dan karbohidrat saja. untuk itulah sarapan si kecil harus terpenuhui gizinya.

Contoh menu sarapan berbahan olahan keju: roti meises keju, bubur ayam, sandwich keju, mie rebus dengan telur dan sayur, roti pisang keju, dan masih banyak lagi. Berkreasilah dengan variasi sarapan si kecil. Selamat mencoba!

Sumber : http://www.parenting.co.id/

Posting Komentar

 
Top