0

Sebenarnya, ada 2 jenis penyebab rendahnya minat bidang akademis pada anak, yakni:

1. Unmotivated student terjadi ketika seorang anak tidak memiliki minat akademis karena ia tidak mampu mengembangkan keterampilan yang tepat. Misalnya, ada anak yang nilainya tidak memenuhi standar, secara konsisten, untuk seluruh pelajaran. Puncaknya adalah anak tersebut mogok sekolah.

Setelah ditelusuri, ternyata ia memiliki masalah dengan kepribadiannya yang tidak mampu menghadapi kegagalan. Hal ini menjadikan ia menghindari hal-hal berbau akademis, terutama sekolah.

2. Jenis kedua adalah anak yang memiliki minat di bidang lain atau perbedaan prioritas. Ari Ahmadi, psikolog dari Essa Consulting memberi contoh Kevin Aprilio, seorang musisi. Kevin memutuskan untuk berhenti sekolah karena ia memiliki prioritas lain, yaitu menjadi musisi. Kevin pun bertanggung jawab terhadap keputusannya dan berhasil menjadi seorang musisi terkenal. 

“Pada kasus unmotivated, anak biasanya tidak memiliki keterampilan yang sesuai atau tidak mendapat tuntutan untuk berprestasi dari orang tua. Dalam kasus Kevin, ia memiliki keterampilan dan dukungan orang tua, tetapi bidang akademis tidak menjadi prioritasnya,” jelas Ari Ahmadi, psikolog dari Essa Consulting.

Hal ini sejalan dengan hasil penelitian Erik Hanushek yang menyatakan, keterlibatan orang tua pada tugas-tugas sekolah anak akan meningkatkan kesuksesan anak di bidang akademis. Salah satunya adalah dengan memberikan standar dan menyampaikan harapan mengenai prestasi akademis.

Posting Komentar

 
Top