0
 
 Yuk bantu anak Anda untuk lebih mudah mengerjakan soal ujian! Ini lima tip mengerjakan soal ujian.

- Jika anak Anda khawatir lupa rumus-rumus yang telah ia pelajari, minta ia menuliskan semuanya segera di kertas soal begitu ujian dimulai. Karena rumus yang tersimpan di kepalanya sudah tercatat, ia dapat melepaskan kekhawatiran dan lebih fokus mengerjakan ujian, saran Laurie Rozakis, PhD dari Farmingdale, AS, pengarang buku Super Study Skills.
Kebiasaan mencatat rumus tersebut juga akan menyelamatkan anak Anda jika tiba-tiba ia blank di tengah ujian.

- Latih anak Anda untuk segera ‘memindai’ seluruh soal atau mengamatinya dengan cepat, dan mulai mengerjakan soal-soal yang ia anggap mudah terlebih dahulu (tak perlu mengerjakan soal secara urut). Keberhasilan memecahkan soal-soal yang mudah akan meningkatkan kepercayaan dirinya. Dengan begini, ia sekaligus menghemat waktu.

- Jika soal mempunyai 4 jawaban pilihan ganda, minta anak mengabaikan 2 pilihan jawaban yang jelas salah, ujar Richard Bavaria Ph.D dari Sylvan Learning Centers. Selanjutnya, ia tinggal memilih jawaban yang benar dari 2 jawaban tersisa.

- Setelah ujian, apalagi jika anak Anda merasa ia tak bisa mengerjakan ujian seperti yang diharapkan, telaahlah bersama-sama. Apakah ia salah mengerti petunjuk pengerjaan soal? Tidak mempelajari seluruh materi ujian? Anda bisa juga mendiskusikan dengan gurunya. Kebanyakan guru mau kok, memeriksa kembali hasil ujian muridnya demi perbaikan cara belajar dan peningkatan nilai kemudian.

- Malam setelah ujian besar, biarkan ia bermain lebih lama atau melakukan apapun yang ia anggap sebagai hadiah keberhasilan. “Ini tak ada kaitan dengan nilai, tapi soal merayakan keberhasilan anak menjalani tugas besar, dan memberinya pandangan positif terhadap ujian-ujian selanjutnya,” ujar Laurie.

Posting Komentar

 
Top