0
"Didiklah anak Anda untuk menjadi seorang pemimpin, menjadi seorang pemenang, dan menjadi seseorang yang hebat."

Mungkin kalimat diatas menjadi salah satu tujuan SMP IT Bina Amal mengadakan berbagai kegiatan untuk meningkatkan  pengetahuan dan kemandirian siswa-siswinya. Beberapa kegiatan yang baru saja dilaksanakan diantaranya Puncak Tema untuk kelas 7, Home Stay untuk kelas 8, dan AMT (Achievement Training Motivation) untuk kelas 9.

Rabu (28/1) kemarin, Puncak Tema siswa kelas 7 yang bertemakan "Pemanfaatan Energi" diadakan di Goa Kreo dan Waduk Jatibarang. Kawasan wisata Goa Kreo ini berada di Dukuh Talun Kacang, Ds.Kandri, Kec. Gunungpati, Kota Semarang. Para siswa semangat mendengarkan penjelasan dari tour guide tentang Asal Usul Goa Kreo dan Pembuatan Waduk Jatibarang, yang nantinya akan menjadi bahan tulisan untuk laporan para siswa.

Kamis s/d Sabtu (29 s/d 31/1) siswa kelas 8 mengikuti Home Stay di Desa Wisata Bejalen, Kec.Ambarawa, Kab.Semarang. Disana mereka diajarkan untuk bisa melakukan berbagai kegiatan, baik pekerjaan rumah maupun pekerjaan keseharian orang tua mereka dalam menjalani hidup. Dengan begitu, para siswa dapat mengambil pelajaran dari kehidupan yang sederhana. Di pagi hari mereka sudah disibukkan dengan membajak sawah, mengangkut sampah, memotong rumput untuk para kerbau, dsb. Mereka sangat antusias dalam mengikuti berbagai kesibukan di keluarga asuhnya masing-masing. Selain itu di Desa tersebut para siswa juga mengadakan bakti sosial yaitu pasar murah sembako dan pakaian. Uang yang nantinya terkumpul dari pasar murah akan diberikan untuk membantu pembangunan masjid yang ada di desa tersebut. Meskipun lelah, wajah mereka tetap menunjukkan keceriaan sampai waktu kepulangan tiba. Dengan adanya Home Stay diharapkan dapat menumbuhkan sikap kemandirian dan kerjasama siswa di kehidupan sehari-hari. Sama seperti kegiatan Puncak Tema, kegiatan Home Stay juga nantinya akan menjadi bahan tulisan untuk laporan para siswa.

Sabtu-Minggu (31/1 - 1/2), AMT juga dilaksanakan di Medini, tepatnya di perkebunan teh yang ada di Kec.Limbangan Kab.Kendal. Untuk kegiatan AMT para siswa diwajibkan membawa peralatan memasak, karena mereka nanti akan memasak menu makanan mereka sendiri. Di hari pertama kedatangan, mereka mengikuti briefing dari wali kelas dilanjutkan memasak untuk makan siang. Dini hari sebelum sholat tahajud, siswa mendengarkan motivasi yang diberikan oleh guru pembimbing. Hari selanjutnya, mereka bermain game disekitar area perkebunan dan Minggu siang semua sudah kembali ke sekolah. Kegiatan AMT ini bertujuan untuk memotivasi para siswa dalam mengerjakan UN nanti sekaligus sebagai relaksasi sejenak sebelum mereka menghadapi Ujian Nasional 2015.

Ini adalah sekilas dokumentasi keceriaan para siswa saat mengikuti kegiatan tahunan SMP IT Bina Amal...

Puncak Tema :






Home Stay :





dan, AMT :








Posting Komentar

 
Top