0

Berikut ini makanan super yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

Telur
Mengandung protein dan sangat kaya akan vitamin D yang membantu penyerapan kalsium. Sarapan yang mengandung cukup protein akan membuat anak tetap kenyang sampai tiba waktunya makan siang.

Oatmeal
Penelitian menunjukkan bahwa oatmeal bisa membantu anak menjadi lebih berkonsentrasi dan memusatkan perhatian saat di sekolah. Oatmeal juga kaya akan serat yang akan dicerna secara perlahan, sehingga cadangan energi tidak akan cepat habis.

Aneka buah-buahan
Buah apa pun baik untuk anak, karena menyediakan aneka vitamin dan mineral yang penting. Buah juga mengandung serat untuk melancarkan pencernaan anak. Untuk mendapat aneka manfaat buah, biarkan ia mengonsumsi beberapa jenis buah sekaligus dalam sehari.

Kacang
Mengandung lemak sehat yang dibutuhkan anak untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Sedikit asupan lemak sehat di pagi hari mampu meningkatkan energi anak secara instan untuk bekal aktivitasnya.

Susu
Protein dan kalsium di dalam susu dan produk susu merupakan bahan bakar untuk otak dan tubuh anak. Protein berfungsi untuk pembentukan sel-sel otak, sedangkan kalsium dibutuhkan untuk tulang dan gigi yang kuat.

Blueberry
Antioksidannya sangat berguna untuk melindungi kesehatan jantung, mencegah diabetes, serta meningkatkan fungsi otak. Blueberry juga mencegah terjadinya lemak perut, yang berhubungan dengan obesitas. Berikan pada anak dalam ice pop (blender segenggam blueberry dan bekukan!).

Tahu
Makanan yang terbuat dari kacang kedelai merupakan sumber protein yang memiliki sifat antikanker, terutama pada anak perempuan. Tak hanya digoreng, tahu juga bisa disajikan dengan cara lain. Misalnya, mencampurkan tahu lembut ke dalam yogurt atau smoothies.

Tomat
Kaya akan lycopene, antioksidan pencegah kanker. Memasak tomat akan memberi efek yang lebih menyehatkan, karena kandungan lycopene akan semakin banyak. Coba konsumsi makanan bertomat dengan lemak baik, seperti minyak zaitun. Cara ini akan membantu tubuh menyerap lebih banyak lycopene. Untuk anak, pizza berlumur saus tomat dan potongan daging tentu tak akan ditolaknya.

Plain Yogurt
Mengandung bakteri baik yang bisa membantu menyehatkan pencernaan. Keunggulan lainnya: Less sugar! Jika ingin tambahan rasa manis, gunakan madu atau sirup maple, yang memiliki indeks glikemik rendah sehingga tidak membuat anakl sugar rush.

Kol
Rasanya yang crunchy mungkin akan lebih disukai oleh anak dibanding sayuran lainnya. Kol dan teman-teman sejenisnya (seperti brokoli dan kale) mengandung fitonutrien yang bisa menurunkan risiko kanker serta memperbaiki kesehatan saluran cerna. Tambahkan kol dan teman-temannya ke dalam sup atau mi favorit si kecil.

Salmon
Kandungan omega-3 pada salmon sangat baik untuk perkembangan otak anak. Tapi, pastikan Anda memilih ikan salmon jenis yang tepat, dengan kandungan merkuri yang rendah. Untuk penyajiannya, salmon bisa disajikan menjadi isian burger atau dicampur ke dalam salad.

Cocoa
Siapa tak suka minuman cokelat? Selain enak, cokelat kaya akan flavonoid yang bersahabat dengan jantung. Cokelat juga bisa melindungi kesehatan kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Selain dibuat menjadi minuman hangat, cokelat juga dapat dicampurkan ke dalam kue, waffle, atau roti bakar.  

Sumber : http://www.parenting.co.id/

Posting Komentar

 
Top