0

Si kecil mungkin sudah punya celengan dengan berbagai bentuk lucu. Jika menurut Anda isi tabungannya sudah cukup banyak, boleh lho untuk ‘membobol’ tabungannya dan menggunakan isinya untuk bersenang-senang. Intinya: anak boleh mendapat kesenangan setelah menahan diri dengan menabung.
  
Tentu saja menggunakan tabungan bukan berarti dibelikan sesuatu yang tak berguna. Biar tabungannya bisa digunakan dengan baik, rencanakan dulu apa yang mau dibeli. Mungkin yang di bawah ini bisa jadi ide.
  • Barang yang sudah lama diidamkan. Ini bisa jadi motivasi untuk menabung: mainan, pakaian, aksesoris, peralatan sekolah, buku cerita.
  • Membeli sesuatu yang menyenangkan dirinya dan orang lain dan mengumumkan bahwa itu dibeli dari hasil jerih payahnya: mentraktir keluarga makan di restoran, beli kado untuk orang tercinta seperti nenek kakek, beli sesuatu yang bisa digunakan oleh seluruh anggota keluarga, memberi kepada orang lain yang kurang mampu, seperti anak-anak di panti asuhan, yayasan sosial, rekening bantuan bencana yang dimiliki media massa, atau beli makanan dan mainan untuk dibagikan pada anak jalanan.
  • Ingatkan anak, tujuan menabung bukan cuma ini. Ini hanyalah awal dari kesenangan yang bisa didapat, tapi seharusnya ia akan bisa menabung lebih banyak untuk tujuan yang lebih mulia. Dengan kesenangan awal yang sudah ia dapat, ia akan lebih termotivasi untuk menabung lagi kelak. 
Sumber : http://www.parenting.co.id/

Posting Komentar

 
Top