0

Tak ada istilah terlalu dini untuk mendidik anak untuk menjadi lebih santun. Dan jangan batasi anak hanya sampai pada berkata “tolong” dan “terima kasih”. Kata “maaf atau permisi” adalah kata yang juga harus diketahui anak-anak. Beberapa trik berikut ini dapat membuat kebiasaan berperilaku santun melekat dalam benak si kecil.

Jelaskan semua penggunaannya

Ajari buah hati Anda mengatakan “permisi” atau “maaf” kalau tanpa sengaja dia melakukan sesuatu yang seharusnya tidak dilakukan di depan orang lain seperti bersendawa, mengupl, atau memotong pembicaraan orang lain atau tanpa sengaja bertabrakan dengan orang lain.

Jangan lupa mempraktikkannya sendiri.
Anak lebih mudah belajar tata krama jika orang tuanya juga bertata krama yang baik. Kebiasaan orang tua adalah yang pertama akan ditiru si kecil. Jadi jagalah perilaku Anda di hadapan anak.

Gunakan dalam permainan
Misalnya saja, bonekanya mengucapkan “maaf” jika berlaku kurang pantas dalam pesta jamuan rekaan si kecil. Dengan menerapkannya menggunakan mainan secara tidak langsung anak akan mencoba menerapkannya.

Jangan Memaksa
Akan lebih efektif jika Anda memuji anak yang mengucapkan kata “maaf” atau “permisi”. Dibandingkan berdebat dengan anak ketika dia tidak mengucapkan hal itu memuji adalah tindakan yang tepat untuk memotivasi anak berperilaku sopan.
 
Sumber : http://parentsindonesia.com/

Posting Komentar

 
Top